Better You

5 Fakta Dunia Kerja yang Harus Anda Ketahui

  by: Redaksi       23/2/2012
  • Membahas dunia kerja memang tidak ada habisnya. Bagaimana tidak? Sepertiga—atau bahkan lebih—waktu Anda setiap harinya dihabiskan di sana. Makanya tak jarang lho tanpa disadari berbagai aktivitas sederhana yang biasanya Anda lakukan ternyata bisa membawa berbagai manfaat atau bahkan kerugian. Well, untuk itulah Cosmo merangkum beberapa fakta seputar dunia kerja yang bisa  menambah pengetahuan Anda.

    Penyuka Lembur Lebih Rentan Depresi

    Merasa mudah stres? Coba deh Anda cek kembali gaya kerja Anda, apakah Anda termasuk ke dalam tipe wanita workaholic atau bukan.  Karena dalam salah satu studi yang dilakukan Universitas London ditemukan fakta bahwa pekerja yang menghabiskan waktu lebih dari 11 jam per hari menghadapi risiko depresi dua setengah kali lebih rentan stres ketimbang mereka yang bekerja selama tujuh atau delapan jam.



    Memiliki Meja Kerja Berantakan? It's Okay

    Pernah sekantor dengan rekan kerja yang kondisi mejanya seperti kapal pecah, namun hasil pekerjaannya sangat cemerlang? Jangan kaget, karena menurut hasil penelitian Universitas Groningen, Belanda, menemukan bahwa meja kerja berantakan bisa membuat pemiliknya berpikir lebih fokus, jernih, dan membantu untuk mencari cara paling sederhana dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Tidur Siang Tingkatkan Performa Kerja

    Ingin meningkatkan produktivitas kerja di kantor? Ketika jam makan siang, luangkan waktu Anda selama 15-20 menit untuk tidur siang. Salah satu perusahaan yang mencoba hal ini adalah Kodiak Capital Group di Manhattan. Pekerjanya berhasil mencapai kemajuan target kerja setelah mereka menyediakan sofa nyaman untuk tidur siang di kantor.



    Penampilan Menarik, Gaji Lebih Besar

    Memiliki penampilan menarik memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah slip gaji yang akan Anda terima ladies. Profesor Daniel Hamermesh dari Universitas Texas pernah mengadakan studi berkaitan dengan efek kecantikan di dunia kerja. Dia menemukan fakta bahwa wanita yang menarik mendapatkan bayaran lebih besar daripada yang memiliki penampilan biasa-biasa saja. Selain itu, dalam studi lainnya ditemukan bahwa kelebihan berat badan bisa berdampak negatif terhadap pendapatan.

    Makeup yang Glam Membuat Anda Terlihat Lebih Kompeten

    Jika Anda menginginkan lebih banyak respek dan kepercayaan dari rekan kerja, mulailah belajar untuk memakai makeup yang benar. Dalam studi yang diadakan berbagai universitas di Amerika ternyata makeup yang glam mampu meningkatkan persepsi mengenai kompetensi yang Anda miliki dan  kemungkinan untuk dipercaya. Namun Anda harus ekstra hati-hati lho, karena makeup yang terlalu tebal akan membuat Anda terlihat palsu, baik untuk hal wajah maupun kepribadiannya.

    (Calvin Hidayat/SL/Gambar:Dok Google)

    tags: work, better you