Better You

Pelukan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

  by: Febrina       5/2/2013
  • Selain sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan, ternyata sebuah pelukan juga bisa mendatangkan beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut Cosmo berikan bocorannya dan setelah membaca artikel ini Anda tidak punya alasan lagi untuk tidak memeluk lebih sering, dear!

    Menekan Level Stres
    Pelatih manajemen stres dan terapis Holistic, Catherine A. Connors mengatakan bahwa kontak secara fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi level stres. Penelitian lain yang dilakukan University of Miami’s Touch Research Institute juga menunjukkan bahwa pelukan mempunyai manfaat medis yaitu dapat mengurangi rasa sakit pada kepala. Bye bye headache!

    Menurunkan Tekanan Darah
    For your info dear, sebuah penelitian dari Brigham Young University di Salt Lake City menemukan bahwa berpelukan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Why? Itu karena memeluk bisa memicu produksi hormon positif yang juga membawa efek baik bagi kesehatan tubuh. Pelukan yang disertai pijatan juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang befungsi melawan infeksi.



    Menciptakan Perasaan Bahagia
    Berpelukan, berciuman, atau kegiatan fisik yang bersentuhan lainnya dapat meningkatkan level oksitosin atau yang disebut hormon "ikatan". Mengutip pernyataan Dr. Renee Horowitz dari Pusat Kesehatan Seksual di Farmington Hills, Michigan, dengan berpelukan, kita melepaskan senyawa kimia seperti oksitosin yang dapat menciptakan perasaan bahagia dan sehat. Selain itu, memeluk juga dapat membuat Anda lebih bahagia, jauh lebih tenang, bahkan dapat mengurangi stres, serta rasa gugup dan panik saat Anda akan berbicara di depan umum.



    Memberi Kenyamanan
    Dalam kondisi seseorang sedang sedih, takut, kesal atau kecewa, sebuah pelukan bisa memberi rasa nyaman dan aman. Saat sahabat, kolega, atau pasangan Anda tengah menghadapi masalah, berikan dia pelukan sehingga mereka bisa merasa lebih tenang. Well, weskipun terkesan sederhana, ternyata sebuah pelukan bisa mendatangkan banyak manfaat kan, ladies? (Febrina/VP/Image:Brand X Pictures/ThinkStock)