Career

Working Full-Time Vs Working Part-Time

  by: Redaksi       22/2/2013
  • Anda pasti sering mendengar perdebatan mengenai manakah yang lebih baik antara bekerja full-time atau bekerja paruh waktu (part-time). Tapi, mungkin Anda masih bingung menentukan yang terbaik dijalani. Jangan khawatir dear, berikut Cosmo akan paparkan mengenai manfaat bekerja full-time dan juga paruh waktu dari beberapa sisi.

    Jam Kerja
    Anda pasti sudah tahu bahwa bekerja full-time biasanya menuntut waktu kerja yang lebih lama daripada kerja paruh waktu. Bekerja full-time berarti juga memiliki jam kerja tetap yang sama setiap harinya. Di sisi lain, bekerja paruh waktu tidak selalu memiliki jam kerja yang sama panjangnya dengan full-time. Jam kerja paruh waktu biasanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda maupun perusahaan tempat Anda bekerja.

    Kompensasi
    Pekerjaan full-time biasanya menawarkan kompensasi yang lebih besar seiring dengan tuntutan kerja yang lebih banyak dan panjang. Selain itu, pekerjaan full-time juga seringkali menawarkan rasa aman dengan memberikan berbagai macam asuransi. Namun tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menerima kompensasi yang besar (bahkan lebih besar) dengan bekerja paruh waktu. Karena jam kerja paruh waktu tidak terlalu mengikat dan lebih fleksibel, Anda bisa bekerja paruh waktu di beberapa tempat sekaligus. Yang penting Anda mengatur waktunya dengan cermat.



    Eksistensi
    Bekerja secara full-time memungkinkan Anda untuk dikenal oleh lingkungan internal kantor sehingga membuka peluang promosi. Sementara bekerja paruh waktu bisa membuat Anda dikenal di berbagai tempat dari berbagai bidang pekerjaan. Dan tidak menutup kemungkinan juga Anda akan ditarik untuk menjadi pegawai tetap di salah satu tempat Anda bekerja paruh waktu.



    Kemampuan
    Saat bekerja secara full-time, Anda terfokus untuk mengerjakan satu bidang sesuai dengan desk job, sehingga lama kelamaan Anda semakin mahir dalam bidang yang digeluti tersebut. Di sisi lain, bekerja paruh waktu bisa membekali Anda kemampuan dan pengalaman yang bervariasi. Jadi, mana yang menurut Anda lebih baik? (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock)