Better You

Cari Tahu Dari Ibu Anda!

  by: Redaksi       5/2/2014
  • Pernahkah Anda berbincang dengan ibu Anda mengenai sejarah kesehatannya? Well, kalau belum Cosmo mengajak Anda untuk segera mencari tahu dengan menanyakan beberapa penyakit turunan berikut - yang mungkin pernah diidapnya.

    Endometriosis
    Endometriosis merupakan penyakit kronik di mana jaringan endometrium yang terdapat di dalam rahim ditemukan tumbuh di tempat lain dalam tubuh, seperti ovarium, vagina ataupun saluran pembuangan. Jika ibu Anda memiliki penyakit ini, Anda harus waspada. Delapan hingga 10% pengidap endometriosis memiliki saudara perempuan atau ibu yang juga memilikinya. Jagalah tingkat stres Anda dengan rajin berolahraga atau bermeditasi, karena penyakit ini biasanya ditemukan pada wanita dengan tingkat stres tinggi. Kelebihan berat badan juga bisa menambah level estrogen dan memperparah kondisi pengidap.

    Uterine Fibroids
    Uterine fibroids adalah tumor-tumor jinak yang berkembang di dalam rahim. Penyakit ini biasanya adalah penyakit turunan dalam keluarga, jadi jika ibu Anda memang memiliki penyakit ini, maka Anda harus mulai menjaga asupan makanan yang bebas lemak. Seperti  endometriosis, uterine fibroids juga distimulasi oleh hormon estrogen. Seimbangkan level estrogen dengan makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti gandum.

    Ovarian Cancer
    Kanker ovarium adalah penyakit dimana terdapat pertumbuhan sel-sel asing berbahaya pada beberapa bagian ovarium. Anda berisiko terkena kanker ovarium jika ibu Anda juga memiliki sejarah penyakit ini atau kanker payudara sebelum usia 50. Konsultasikan dengan dokter untuk memilih kontrasepsi oral, karena itu bisa menurunkan risiko kanker ovarium sebesar 50%. (Amanda Utari/IR/Image: Catherine Yeulet/ThinkStock)