Better You

5 Aturan Dunia Maya

  by: Adya Azka       12/2/2014
  • Kemajuan teknologi yang didukung dengan jaringan internet saat ini membuat informasi semakin mudah untuk didapatkan. Namun, kemudahan ini juga dapat berdampak buruk jika Anda tidak dapat menjaga privasi di dunia maya. Agar tetap aman dan nyaman saat berselancar di dunia maya cobalah ikuti tip yang diberikan Google berikut ini.

    Password Unik
    Hindari menggunakan tanggal lahir ataupun digit terakhir nomor telepon Anda sebagai password. Sebaiknya gunakan perpaduan alfabet, angka, dan simbol pada password Anda untuk menjaga keamanannya. Terlebih untuk akun-akun penting, seperti email dan online banking.

    Rahasiakan Password
    Untuk melindungi Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya jangan pernah menyebarkan password melalui email atau SMS kepada orang lain. Password pun harus terus diperbaharui setiap enam bulan sekali untuk perlindungan ekstra.



    Aplikasi Terpercaya
    Jika menerima spam, sudah tahu bukan apa yang harus dilakukan? Anda tidak perlu membalasnya, dear. Terlebih jika email tersebut menanyakan beragam informasi pribadi. Secara teratur, cek setting akun Anda agar tidak sembarang konten tersebar begitu saja dan disarankan untuk selalu meng-update beragam aplikasi yang Anda install dari sumber terpercaya.



    Menjaga Reputasi
    Manfaatkan jaringan internet sebaik mungkin. Gunakan untuk memperluas pengetahuan serta networking Anda. Cobalah untuk berpikir ulang saat Anda akan mengunggah sesuatu yang dapat merusak reputasi Anda.

    Lock your phone screen!
    Inilah salah satu cara ampuh untuk menghindarkan Anda dari ulah iseng orang di sekitar Anda yang senang “bajak-membajak”. Dengan mengunci layar telepon saat Anda sedang sibuk atau tidur, maka akun pribadi pun akan tetap aman. (Adhia Azka/IR/Image: google)