Better You

Sering Minum Bubble Tea? Baca Dulu Ini!

  by: Redaksi       16/2/2014
  • Bola-bola mungil yang kenyal saat dikunyah sangat menggoda Anda untuk rela mengeluarkan uang, membeli, dan meminumnya. Begitu mencoba, Anda ketagihan? Bukan Anda saja yang merasa demikian. Well, bukannya tidak boleh sama sekali, tapi ini menjadi alasan mengapa sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk tidak meminumnya terlalu sering.

    Kandungan Gula
    Sebagai wanita, Anda tentu perlu tahu setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh – apakah ia bernutrisi bagi tubuh atau tidak. Yup, kandungan gula yang terkandung dalam bubble tea ada dalam level tinggi. Seberapa tinggi? Rata-rata segelas bubble tea mengandung 55gram gula. Lalu bagaimana dengan kebutuhan gula yang diperlukan tubuh? Menurut Health Promotion Board (HPB), tubuh manusia membutuhkan 40-50gram gula per hari, atau bila diartikan setara dengan 11 sendok  gula. Ini artinya hampir 50% kebutuhan gula Anda, ada dalam satu gelas bubble tea. Yakin Anda tidak menyantap susu, cokelat, es krim dalam sehari?

    Tapioca
    Bola menggemaskan itu asalnya dari tapioka yang terbuat dari singkong. Potongan kenyal ini mengandung 65% tepung murni. Menurut hasil riset U.S. Department of Agriculture National Nutrient Database, seperempat cangkir bubble (rata-rata sajian bubble per gelas) mengandung 136 kalori. Tapioka memang tidak manis, tapi di dalamnya terkandung karbohidrat padat dan tidak bergizi bagi tubuh. Malah, ketika dicerna, molekul di dalamnya memecah dengan cepat dan mudah menjadi gula. Lalu apa dampak buat tubuh Anda? Ia memberi kontribusi terhadap lonjakan kadar gula Anda, dan bahkan asupan yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.



    Terlanjur Ketagihan, lalu Bagaimana?
    Coba sesekali selingi kebiasaan Anda dengan memesan milk tea tanpa bubble. Data yang Cosmo temukan ternyata cukup mencengangkan. Tanpa pearls, jumlah kalori secangkir milk tea hanya 112 kalori.  The best way to have a bubble tea (tanpa rasa bersalah) adalah dengan memilih kadar gula 0% (pasti Anda akan diminta memilih), tanpa pearls/bubble, pilih skim atau low-fat milk, dan tanpa syrup. Not so exciting anymore, tapi ini jauh lebih sehat... dan membuat Anda terlihat skinnier!



    Cara Luruhkan Lemak
    Fyi, kalau Anda tak bisa menahan keinginan menyantap segelas bubble tea, berarti Anda harus rela membakar lemak dengan: Lari selama 33 menit, bersepeda selama 42 menit, atau berdansa selama 98 menit. Silakan pilih, ladies! (Silvya Winny / IR / Image: Thinkstock)