Career

Buat Pekerjaan Anda Jadi Menyenangkan!

  by: Redaksi       24/2/2014
  • Orang-orang yang beruntung yang telah menemukan cara dibayar untuk melakukan apa yang mereka sukai, sementara sisanya mendapatkan bayaran untuk melakukan yang mereka sukai di akhir pekan. Kondisi boleh jadi memposisikan kita di pekerjaan yang tak menyenangkan, tapi bukan berarti kita tak bisa mengambil nilai lebih dari kondisi ini, bukan? Buru-buru keluar dari pekerjaan jelas bukan pilihan! Terlepas dari penyebab menyebalkannya pekerjaan Anda, Cosmo memberikan sejumlah tip untuk tak hanya bertahan, tapi juga mengoptimalkan pekerjaan yang Anda... err, benci!

    It Is Not Permanent 
    Rata-rata pekerja sekarang ini tak lagi memiliki hanya satu karier sepanjang hidupnya. Menurut Atlantic Canada Opportunities Agency (ACOA), seorang pekerja setidaknya memiliki minimal lima karier berbeda selama umur produktifnya. Untuk itu, ingatlah apa yang dijalani sekarang tidaklah permanen. Berganti pekerjaan beberapa kali telah menjadi praktik yang cukup umum, jadi Anda tidak perlu khawatir bahwa tiga tahun di sini dan empat tahun di sana akan menjadi pertanda buruk pada resume Anda. Pekerjaan yang buruk memang terasa bak akhir dunia. Kuncinya adalah mampu melihat melintasi masalah yang ada di depan mata. Tak ada keharusan untuk memikirkan cara mencintai pekerjaan yang Anda benci. Yang perlu dilakukan sesederhana bertahan cukup lama sampai menemukan pekerjaan baru. 

    Time for Yourself
    Sebagai pekerja, kita sangat mudah tenggelam dalam lingkaran rutinitas monoton yang akhirnya membuat bosan: Kerja, makan, dan tidur! Karenanya, terlepas suka atau tidak suka dengan pekerjaan Anda, meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat dianjurkan. Pilihlah aktivitas yang disukai (dari baca majalah, lari pagi, menyiram taman, atau apapun) dan lakukan itu sebagai rutinitas pagi. Dengan begitu, Anda punya alasan lain untuk bangun di pagi hari, alih-alih karena harus bekerja. 



    Add Something Fun
    Ayolah, tak ada orang yang bekerja sepanjang waktu di kantor! Coba dan berikan diri sedikit istirahat dari padatnya jadwal harian Anda. Periksa seperti apa street style di Paris via Instagram, dengarkan remix musik swing dari Parov Stelar, atau lihat tingkah konyol selebriti di Youtube. Pergi keluar makan siang juga bisa bantu mengurangi ketegangan yang dirasa. Intinya, temukan sesuatu yang simpel dan have fun selama beberapa menit di sela-sela waktu kerja.



    Set Job-hunting Goals
    Cara terbaik melewati waktu yang sulit adalah dengan menetapkan target, dalam hal ini mencari pekerjaan baru. Dengan menetapkan tujuan akhir, mau tak mau Anda membuat “panduan” untuk dilakukan setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulannya. Gol-golnya sendiri bervariasi, dari jumlah resume yang dikirimkan hingga memperluas area networking. (Ruben William/FT/Image: Thinkstock)