Better You

Kapan Terakhir Anda Tes Darah?

  by: Redaksi       27/2/2014
  • Masih enggan melakukan tes darah untuk mengecek kesehatan sendiri? Hmm, setelah membaca poin-poin pentingnya melakukan tes darah dari Cosmo berikut, dijamin Anda pasti tidak akan malas lagi untuk segera pergi ke dokter. Yuk, simak!

    Menghitung Jumlah Darah
    Melalui tes darah, Anda bisa menghitung jumlah darah yang akan memberitahu kondisi kesehatan tubuh. Kekurangan hemoglobin adalah memberi sinyal bahwa Anda mengalami anemia. Jumlah trombosit akan menggambarkan apakah terjadi pembekuan darah, sedangkan jumlah sel darah putih akan memberitahu apakah terdapat infeksi dalam tubuh Anda.

    Mendeteksi Infeksi
    Yes, dengan melakukan tes darah, Anda bisa mendeteksi terjadinya infeksi sebelum berkembang menjadi fatal. Karena infeksi seperti hepatitis atau sifilis tidak menimbulkan gejala sehingga sulit untuk dideteksi. Selain itu, penyakit-penyakit yang tidak menunjukkan gejala seperti tiroid dan gula darah juga bisa diketahui lewat tes darah.



    Mendeteksi Virus
    Virus HIV tidak bisa diketahui kecuali dengan tes darah yang dilakukan rutin. Pasalnya, penderita HIV tidak menunjukkan gejala pada tahun pertamanya. Jika bisa dideteksi lebih cepat maka penderita akan dapat ditangani dengan benar.



    Mencegah Pertumbuhan Kanker
    Melakukan tes darah rutin juga bisa mendeteksi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jika jumlah hemoglobin abnormal rendah atau sel darah putih terlalu tinggi, bisa jadi memicu pertumbuhan kanker dalam tubuh Anda. Nah, sudah tahu kan mengapa Anda harus rutin melakukan cek darah? (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock)