Career

Fakta-Fakta di Balik Persyaratan Kerja

  by: Adya Azka       2/2/2015
  • Saat akan melamar kerja, Anda pasti memperhatikan terlebih dulu beberapa syarat yang diajukan perusahaan kan? Dan terkadang ada beberapa syarat yang dirasa membingungkan. Tapi tenang, karena kali ini Cosmo dan konsultan karier,  Andin Andiyasari, akan menjelaskannya untuk Anda.

    “Dilarang memiliki saudara kandung yang bekerja di dalam perusahaan yang dilamar.”
    Pertimbangannya menurut logika adalah untuk menghindari efek negatif bila terjadi konflik diantara keduanya. Salah satunya dapat berdampak pada performa kerja, termasuk juga menghindari hal-hal negatif lain yang mungkin muncul dari efek persaudaraan ini. Selain itu, sisi lain yang juga akan terkena dampaknya itu seperti uang duka cita yang menjadi double, kerahasiaan perusahaan yang kurang terjamin, dan profesionalitas kerja yang menurun akibat banyaknya pegawai yang lebih mengutamakan aspek hubungan keluarga. 

    “Diutamakan untuk calon karyawan yang belum menikah.”
    Asumsinya, mereka yang belum menikah akan lebih fleksibel dalam mobilitas kerja dan cenderung lebih memprioritaskan waktu untuk pekerjaan dibandingkan untuk keluarga. Tapi hal ini juga sebenarnya tergantung bagaimana setiap orang memandang karier dan perspektif terhadap waktu, terlepas dari sudah menikah atau belum.



    “Usia maksimal 27 tahun.”
    Sebenarnya, untuk beralih profesi tidak ada batasan umur. Karena pindah profesi berarti  melakukan transisi karier yang biasanya malah dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki pengalaman dan waktu kerja yang lebih panjang.  Nah, untuk karyawan entry level, perusahaan tentunya tidak ingin mendapatkan pekerja yang telah berumur, tetapi minim pengalaman kerja.  Mengingat S1 normalnya lulus di usia 22-23 tahun, maka batas usia entry level kurang lebih 24-25 tahun. Dan untuk lulusan S1 yang langsung lanjut S2, maka batas akhir masa entry level-nya adalah 27-28 tahun.  Jadi, kini Anda tak perlu khawatir lagi untuk mencapai karier impian. Sudah siap untuk mencoba tantangan yang baru, dear?



    “Diutamakan yang Berpengalaman. “
    Kalau yang satu ini, tentu sangat tergantung dari perusahaannya. Perusahaan yang membutuhkan pengalaman spesialis, misalnya perusahaan konsultan tentunya lebih suka bila calon karyawannya memiliki banyak pengetahuan terkait bidangnya.  Namun, biasanya calon karyawan yang seringkali berpindah tempat kerja akan memunculkan pertanyaan bagi perusahaan yang dilamar, terlebih jika calon karyawan tersebut masih berada di entry level. Oleh karena itu, sangat disarankan agar calon karyawan dapat mempersiapkan jawaban yang berkualitas bila hal tersebut ditanyakan, seperti menjelaskan pertimbangan apa yang melatarbelakanginya berpindah-pindah tempat kerja. (Adhia Azka/IR/Image: thinkstock)

    tags: maksimal, usia, karier