Career

Cara Negosiasi Gaji yang Benar untuk Freshgraduate

  by: Adya Azka       9/2/2015
  • Bagi Anda yang baru lulus kuliah dan akan mulai melangkah masuk ke dunia kerja, tentu biasanya masih bingung dengan standar gaji yang seharusnya didapatkan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda yang belum mempunyai pengalaman kerja tetap bisa mendapatkan gaji sesuai dengan yang diharapkan.

    Menurut Andin Andiyasari, seorang konsultan karier, biasanya sebuah perusahaan sudah punya pola besaran gaji tersendiri untuk ditawarkan kepada calon karyawan freshgraduate. Namun, bila memang diberi kesempatan untuk melakukan negosiasi gaji, berikan dasar pemikiran yang rasional berdasarkan hitung-hitungan yang masuk akal, termasuk juga menggunakan harga pasar yang ada. Jadi, melakukan riset sederhana itu penting lho dear. Selain itu Anda juga seharusnya memberikan jawaban terbaik yang memperlihatkan bahwa Anda mempertimbangkan kedua belah pihak. Misalnya: “Saya mencari perusahaan yang bisa memberikan gaji yang kompetitif, dan saya pikir perusahaan ini menawarkan hal tersebut”.

    Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah kans dari bidang yang ditekuni di masa depan. Jika pekerjaan tersebut memang pekerjaan yang sedikit supply tenaga kerjanya sementara demand-nya tinggi, maka inilah kesempatan Anda untuk mengajukan negosiasi gaji. Tapi sebaliknya, bila supply tinggi namun demand rendah maka hati-hati melakukan negosiasi gaji. Salah-salah Anda justru bisa kehilangan kesempatan kerja ini lho. Pasalnya, perusahaan cenderung lebih suka mencari kandidat lain karena di luar  banyak tersedia yang mau menggantikan Anda. Hmm, tidak mau menyesal di kemudian hari, kan dear? (Adhia Azka/IR/Image: thinkstock)