Better You

Tip Memasak untuk Pemula

  by: Redaksi       4/2/2015
  • Untuk Anda yang selama ini tidak akrab dengan urusan dapur pasti akan kaget ketika si dia meminta Anda untuk menyiapkan makanan favoritnya. Worries no more ladies, cukup membaca artikel ini sampai habis dan memasak pun tak lagi jadi kendala.

    Kenali Bumbu dan Fungsinya

    Bumbu dan rempah-rempah mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan. Bahan ini berfungsi untuk memberikan warna, rasa, dan aroma yang sedap pada masakan. Sebelum mencoba memasak sebaiknya Anda kenali dulu bumbu dasar dan fungsinya, misalnya dengan rasa yang dimiliki sang bumbu maka ia cocok untuk dijadikan masakan apa. Kenali juga bagaimana cara menggunakan bumbu tersebut sesuai dengan masakan yang akan Anda buat.



    Mulai dengan Sesuatu yang Sederhana

    Anda bisa memulai dengan jenis masakan yang mudah dikerjakan. Misalnya memasak nasi goreng atau pasta dengan saus yang sederhana. Dengan memasak masakan yang mudah, mugkin saja akan menjadi motivasi sekaligus tantangan untuk mempelajari cara memasak masakan yang lebih rumit.

    Lihat Buku Resep

    Belilah beberapa buku resep makanan, atau lebih mudahnya lagi Anda bisa mencari saja resep menu yang akan Anda masak di internet. Dengan begitu, Anda akan mudah mengetahui bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dan cara memasaknya. Oh ya, jika ingin lebih akurat Anda juga bisa menonton langsung melalui YouTube.



    Siapkan Apa yang Anda Butuhkan

    Setelah Anda memilih jenis masakan apa yang akan dibuat, siapkanlah segala sesuatunya dengan baik. Pastikan semua bahan telah dipotong, cincang, dan siap untuk dimasak. Untuk perabotan masak, usahakan berada dalam jangkauan hingga tidak terlalu jauh saat Anda membutuhkan nanti.

    Cicipi Masakan Anda

    Ketika membuat sebuah masakan, tidak peduli seberapa yakin tentang keahlian Anda, pastikan bahwa Anda tetap mencicipi masakan untuk mengetahui apakah yang Anda buat telah memiliki rasa yang pas atau tidak. Dengan begitu, Anda dapat menambah atau mengurangi apa yang seharusnya ada pada hasil masakan. (Salli Sabarrang / VP / Image: dok. julief514 / iStock / Thinkstock)