Career

Tipe Rekan Kerja yang Dapat Ganggu Pekerjaan

  by: Redaksi       12/2/2015
  • Saat bekerja Anda pasti akan bertemu berbagai macam orang yang berbeda. Ada yang meringankan pekerjaan dan ada juga yang justru menambah beban Anda. Oh, dear! Coba cek di sini, seperti apa tipe orang yang belakangan ini mengganggu pekerjaan Anda?

    Si Pembenci



    Rekan kerja dengan tipe seperti ini adalah rekan yang ingin berada di "atas" Anda tetapi tidak ingin banyak bekerja. Biasanya mereka dengan karakter ini sering berbicara hal-hal yang tidak menyenangkan pada orang lain sehingga mereka merasa down dan "si pembenci" akan terlihat lebih unggul daripada orang lain.

    Cara menghadapi: Jadikan kebencian mereka pada Anda sebagai motivasi untuk terus maju.

    Si Narsis

    Para rekan kerja yang tergolong dengan tipe ini adalah rekan yang (biasanya) tidak dapat bekerja dalam tim. Mereka lebih fokus pada pekerjaan sendiri dan tidak mempedulikan kesulitan orang lain.

    Cara menghadapinya: Cukup jadi diri sendiri dan terus berusaha mengajak "si narsis" bekerja sama dalam tim. Ketika dia sudah tidak bisa diajak kerjasama, diskusikan dengan rekan kerja lain atau atasan bila perlu.

    Si Pemurung

    Si pemurung biasanya terlihat seperti orang yang diikuti awan hitam ke manapun dia pergi. Rekan kerja dengan tipe ini biasanya selalu berpikir negatif dan terlihat depresi. Lebih buruknya lagi dia adalah seorang attention-seeker.



    Cara menghadapi: Jangan hiraukan rekan kerja dengan tipe ini. Kalau bisa tidak usah terlalu dekat dengannya. Merasa kasihan atau simpati pada mereka hanya akan membuat pekerjaan Anda terganggu.

    Si Penggembira

    Well ladies, terkadang saat Anda bosan di kantor, rekan kerja yang suka membuat kegembiraan memang dapat sedikit membuang rasa bosan. Tetapi rekan kerja yang terus-menerus “bermain” ini, justru bisa membawa Anda jatuh ke “lubang”. Kenapa? Karena biasanya mereka memiliki tendensi, pertama, membuang-buang waktu Anda, kedua, akan membuat pekerjaan Anda jadi terbengkalai. Apa kata si bos nanti? Duh!

    Cara menghadapi: Tentu saja dengan membatasi keterlibatan Anda dengan si penggembira. Jangan sampai terbuai dengan kegembiraan yang tiada tara. First thing first, dear!

    Si Pembuat Konflik

    Nah, lain lagi dengan rekan kerja yang suka membuat konflik, atau biasanya disebut dengan drama queen. Ia adalah orang yang harus mendebatkan semua hal dan harus memenangkannya.

    Cara menghadapinya: Jangan membuang waktu Anda untuk mengoreksi ucapannya. Semakin Anda beradu argumen semakin dia senang menanggapinya. Hadirkan orang lain setiap Anda memiliki masalah dengannya. Kalau bisa hindari terlihat lebih mengerti dan lebih pintar. Lagipula Anda tidak butuh pengakuan dari rekan kerja semacam ini, kok. (Aulia Meidiska/SW/Image:MichaelJeung/iStock/Thinkstock)