Beauty

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Berketombe

  by: Ainjia Phioltia Paat       13/2/2015
  • Selain disebabkan oleh jamur dan sebum, masalah satu ini ternyata juga dapat dipicu oleh perlakuan Anda terhadap rambut. Baik disadari maupun tidak, berikut tabiat yang harus dihindari jika tak ingin kulit kepala Anda terserang ketombe!

    1. Menggaruk Kepala
    Entah karena gatal atau bukan, kerap kita terbiasa untuk menggaruk kepala tanpa alasan sekalipun. Akibatnya, permukaan kulitnya pun bisa terkelupas dan menjadi serpihan ketombe.

    2. Keramas Hanya 2-3 Hari Sekali



    Jika rambut sudah terlanjur berketombe, sebaiknya mulailah rajin mencuci rambut setiap hari dengan menggunakan shampo anti-dandruff.

    3. Memakai Sisir yang Salah



    Sisir bergigi tajam hanya akan menyakiti kulit kepala dan menjadikannya kering, cikal bakal dari rambut berketombe. Sebagai ganti, pakai sisir yang ujung-ujungnya berbantalan empuk.

    4. Menggunakan terlalu banyak produk styling
    Aplikasi mousse, hair spray, wax, maupun leave-in conditioner secara berlebihan tak akan memperindah rambut, tapi malah meninggalkan residu yang dapat memicu munculnya ketombe!

    5. Mengkonsumsi banyak gula
    Kadar gula dan lemak berlebihan dalam tubuh adalah salah satu penyebab ketombe! Saatnya mengurangi donat dan bubble tea Anda dan ganti dengan sayur dan buah yang lebih sehat. [Melur Pinilih/AP/Image: pepperbox]