Career

Trik Agar Anda Tidak Menunda-nunda Pekerjaan

  by: Redaksi       16/2/2015
  • Ladies, coba hitung sudah berapa kali dalam sehari ini Anda menunda pekerjaan? Ya, rehat sejenak dari aktivitas memang kadang dibutuhkan untuk melepas stres, tetapi jika berlebihan, sikap Anda yang sering menunda-nunda pekerjaan justru bisa jadi penghambat. Coba lakukan lima trik berikut agar Anda berhenti bermalas-malasan dan segera menyelesaikan pekerjaan.

    1. Buat To-Do-List

    Buat daftar mengenai hal-hal yang harus Anda lakukan. Beri peringkat hal apa saja yang harus dilakukan saat itu juga dan apa yang dapat ditunda. Jika perlu, buat juga time frame secara detail sehingga Anda memiliki target waktu untuk menyelesaikan setiap list.



    2. Buat Reward

    Buat reward dari setiap pekerjaan. Tujuannya agar Anda memiliki sesuatu yang ditunggu-tunggu ketika Anda telah menyelesaikan pekerjaan. Reward tidak perlu barang yang mewah, cukup dengan menghadiahkan diri Anda secangkir teh hangat atau sepotong kue setelah menyelesaikan pekerjaan.

    3. Kerjakan Satu Per Satu

    Dibandingkan mengerjakan banyak pekerjaan secara bersamaan, lebih baik Anda mengerjakannya satu per satu. Hal ini dilakukan agar Anda fokus pada satu pekerjaan sebelum melompat ke pekerjaan yang lain. Jangan lupa untuk selalu menetapkan skala prioritas dan mengerjakan pekerjaan yang lebih penting terlebih dahulu.



    4. Fokus Dengan Goal

    Gangguan selalu saja ada ketika Anda hendak menyelesaikan sebuah pekerjaan. Jika tidak fokus, tentu saja konsentrasi Anda bisa dengan sangat mudah teralihkan. Yes dear, agar hal ini tidak terjadi, fokuslah pada goal yang akan ada dapatkan ketika pekerjaan sudah selesai dikerjakan – seperti reward yang telah Anda rencanakan dan waktu luang yang nanti Anda miliki.

    5. “2-Minutes” Rule

    Saat Anda dihadapkan pada pekerjaan yang tidak diinginkan, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah pekerjaan ini akan selesai dalam waktu 2 menit?”. Jika ya, maka segera lakukan pekerjaan tersebut dan Anda akan terbebas darinya. Jika tidak, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan pekerjaan itu karena waktu yang dibutuhkan untuk memulai pekerjaan tidak pernah lebih dari 2 menit. (Hana Devarianti / VP / Image: dok. kaspiic / iStock / Thinkstock)