Love & Sex

Ubah Definisi Cinta, dan Anda Tak Akan Sendirian Saat Valentine

  by: Redaksi       13/2/2015
  • Bagi Anda yang masih single, Hari Valentine bisa jadi momen yang bikin Anda stres. Karena Valentine terkadang menjadi tolak ukur apakah Anda diperhatikan si pria idaman atau tidak. Jadi gelisah sendiri. Bakal dapat bungakah? Ada yang mengirim kartu ucapankah? Atau diajak dinner oleh si incaran?

    Dr. Ricardi Adnan, seorang sosiolog dari Universitas Indonesia mengatakan, "Hari Valentine itu merupakan budaya barat yang diadopsi masyarakat Indonesia dan tentu tidak ada salahnya untuk merayakan hari kasih sayang. Namun persepsi harus ada acara khusus di hari itu, mendapat/berkirim bunga atau kartu malah kadang memberi tekanan dalam sebuah hubungan. Apalagi bagi para single, ada yang merasa tersisih, terabaikan pada hari itu. Padahal Hari Valentine dan berbagai ungkapan kasih sayang itu seharusnya terjadi setiap hari, khususnya kepada orang-orang terdekat. Jadi seharusnya tidak menjadi hari yang membuat stres."

    Nah, bagi Anda yang masih single, bagaimana supaya Hari Valentine tidak menambah beban pikiran? Di bawah ini ada beberapa ide yang bisa Anda coba.

    Friends with Benefit

    Eits, tunggu dulu, artinya tidak seperti apa yang Anda pikirkan, lho. Kalau di Indonesia, hal ini bisa diartikan "Let's go Dutch!" Jadi Anda bisa pergi jalan dengan teman pria yang sudah masuk lingkaran bro-zone. Cari restoran yang menunya “sinful” dan super mahal. Makan sepuas hati. Lupakan diet. Terakhir, bayar sendiri-sendiri. Berani?

    Jatuh Cinta Dengan Hal Baru

    Terutama untuk Anda yang single, karena baru putus cinta. Sedih boleh. Frustasi boleh. Tapi jangan berlarut-larut. Coba deh lakukan hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Kalau mau tubuh lebih berlekuk, coba ikut kelas belly dance... atau malah pole dance? Sekarang banyak lho sanggarnya. Atau mau merasakan sensasi terbang seperti elang? Anda bisa ikut paralayang di Puncak. Atau sekedar bergabung di kelas memasak, siapa tahu tahun depan bisa mendaftar Masterchef.

    Bawa Cinta ke Orang-orang yang Membutuhkan



    Anda bisa berkunjung ke panti jompo dan cari orang tua yang jarang dikunjungi keluarganya atau main ke panti asuhan. Anda bisa membawa bunga, kartu ucapan Valentine, hadiah, makanan dan berbagi kebahagiaan dengan mereka. Buat mereka yang terlupakan juga merasakan indahnya hari kasih sayang. Dengan demikian, mungkin saja hari itu bakal menjadi hari paling berharga dalam hidup Anda.

    Selalu Buat Rencana Cadangan



    Apapun bisa terjadi, jadi bersiaplah. Yuk, buat beberapa rencana pada Hari Valentine, misalnya pergi dengan the girls ke Dufan saat menjelang siang. Sorenya nge-teh bersama orang tua. Malamnya baru makan malam romantis dengan si dia, kalau ada. Nah, bila Anda sudah membuat beberapa rencana, jika ada rencana yang batal pun masih punya rencana yang lain. Jadi dijamin Anda tak akan sendirian di hari itu.

    Jangan Takut Mencari Prospek Lewat Aplikasi

    Hei, tapi masih ada beberapa hari tersisa lho sebelum Valentine. Mungkin telat jika Anda menggunakan cara pendekatan yang kuno. Di era digital ini Anda bisa mengunduh aplikasi meet & connect dan pilih mana prospek yang cocok dengan Anda dalam hitungan detik. Ambil contoh Aplikasi Paktor. Aplikasi ini sudah tersedia gratis di iOS App Store, Google Play Android serta web.gopaktor.com. Aplikasi ini akan terhubung dengan akun Facebook Anda jika diunduh. Tapi berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, Anda hanya dapat menggunakannya kalau punya teman Facebook lebih dari 50 orang. Mekanisme ini membuat aplikasinya lebih aman, sehingga Anda akan terhindar dari akun palsu. Dengan menimbang jumlah pengguna aktif bulanan ponsel pintar di Indonesia yang hampir mencapai 40 juta orang, siapa tahu Anda paling tidak dapat teman baru di Hari Valentine dengan menggunakan aplikasi. Cukup dengan satu kali "geser ke arah yang benar" untuk menemukan si sosok idaman. [Imron Ramadhan/SW/Image: dok. ipag / iStock / Thinkstock]