Better You

5 Tanda Miss Cheerful Bermasalah

  by: Adya Azka       15/2/2015
  • Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang harus dijaga kesehatannya. Tetapi bagaimana cara mengetahui bila Miss Cheerful Anda bermasalah atau tidak? Perhatikan tanda-tandanya di bawah ini...

    Keputihan Berlebih
    Setiap wanita pasti pernah mengalami keputihan. Tetapi jika jumlahnya berlebihan dan mengeluarkan cairan berwarna, itu tandanya Anda mengalami keputihan yang tidak wajar. Keputihan dalam jumlah banyak, berwarna gelap, gatal, dan berbau tak sedap merupakan bebera[a tanda bahwa Miss Cheerful Anda dalam keadaan tidak sehat, dear

    Nyeri pada Panggul
    Anda sering merasakan sakit pada bagian panggul di luar masa menstruasi? Kalau iya, jangan meremehkan penyakit yang satu ini! Penyebab rasa sakit ini bisa jadi Anda menderita fibroid jinak dan endomestriosis rahim. Di samping itu, jika Anda merasakan nyeri pada bagian panggul yang disertai demam dan keputihan, tandanya Anda mengalami radang panggul.



    Pendarahan Abnormal
    Pendarahan pada vagina hanya terjadi ketika wanita sedang menstruasi atau baru pertama kali berhubungan seks. Apabila pendarahan terjadi di luar masa menstruasi atau sesudah melahirkan, bisa dikatakan Anda mengalami masalah kesehatan pada Miss Cheerful. Pendarahan abnormal di luar menstruasi dan pasca melahirkan bisa jadi merupakan gejala penyakit fibroid rahim atau polip. Tetapi bila pendarahan terjadi saat berhubungan intim (bukan pertama kali), hal ini bisa jadi merupakan awal mula gejala infeksi serviks atau leher rahim.



    Miss Cheerful Terlalu Kering
    Memang betul jika keadaan sekitar Miss Cheerful tidak boleh lembap, namun jika terlalu kering juga tidak baik, dear. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kurangnya rangsangan hingga masalah hormonal. Selain itu, bila keadaan vagina kering, maka Anda akan merasakan sakit saat berhubungan seks dengan pasangan dan lebih lanjutnya bisa menyebabkan luka.

    Adanya Luka Atau Benjolan
    Anda perlu waspada bila menemukan atau merasakan adanya benjolan pada Miss Cheerful. Adanya benjolan di area tersebut memungkinkan adanya gejala penyakit menular seksual, herpes, atau kanker. Benjolan tersebut bisa berupa benjolan merah, luka, dan gejala kanker vulva. Kalau Anda sudah mengalami hal ini, segera lakukan pengobatan ke ginekolog dan jangan ditunda-tunda. (Rachelle Kandou/VP/Image: larszahnerphotography/iStock/thinkstock)

    tags: kering, benjolan, luka