Better You

5 Fakta Mengejutkan Menulis Jurnal

  by: Redaksi       18/2/2015
  • Apabila menurut Anda kebiasaan menulis jurnal adalah kegiatan yang membosankan, Cosmo anjurkan untuk berpikir sebaliknya. Faktanya, menulis jurnal dapat memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan personal Anda.

     



    Meningkatkan IQ

    Terdengar membingungkan mungkin mengapa menulis jurnal dapat meningkatkan IQ, tapi sebuah penilitian dari University of Victoria menemukan bahwa membiasakan menulis dapat meningkatkan pengetahuan Anda mengenai bahasa. Anda dapat menemukan pengalaman mengeksplorasi bahasa seperti kata-kata baru. Nah, inilah yang dapat sekaligus meningkatkan IQ Anda.

     

    Membantu Capai Impian

    Menulis jurnal biasanya berisikan impian dan ambisi Anda. Dengan membiasakan menulis jurnal, otak Anda secara tidak langsung akan memberi sinyal untuk mencapai apa yang Anda tulis. Oleh sebab itu, semakin sering impian dan ambisi Anda tuangkan dalam jurnal, otak Anda semakin bersemangat untuk merealisasikannya.

     

    Sebagai Penyembuh



    Ketika Anda merasa memiliki emosi yang tidak dapat diluapkan kepada siapa pun, jurnal dapat menjadi orang tersebut! Berdasarkan yang Cosmo lansir dari Writing to Heal, fungsi imun seseorang akan meningkat ketika banyak menulis. Sang penulis, Dr. James Pennebaker juga mengatakan bahwa menuangkan pengalaman dalam tulisan dapat mengurangi stres dan rasa khawatir yang sekaligus membuat kualitas tidur lebih baik.

     

    Menumbuhkan Kedisplinan

    Kedisplinan dapat dikembangkan dari kebiasaan menulis jurnal karena Anda harus menetapkan waktu untuk rutinitas tersebut. Sebagai wanita Cosmo yang selalu ingin maju, pastinya Anda ingin tulisan Anda lebih baik dari waktu ke waktu bukan? Nah, disiplin adalah kuncinya.

     

    Memacu Kepercayaan Diri

    Menulis tentang pengalaman positif akan membuat otak Anda mengakui segala kemampuan yang Anda miliki. Hal ini juga sekaligus akan melepaskan hormon endorfin dan dopamin yang meningkatkan mood. Dan... Voila! Kepercayaan diri Anda tentu saja akan bertambah. (Aulia Meidiska/VP/Image: Wavebreakmedia Ltd/Wavebreakmedia/Thinkstock)