Career

5 Cara Tampil Menonjol di Tempat Kerja Baru

  by: Redaksi       18/2/2015
  • Saat pertama kali masuk tempat kerja baru, setiap hal kecil dapat menentukan kesuksesan Anda. Tapi masalahnya, banyak hal yang membuat Anda belum bisa tampil menonjol ketika masih berstatus sebagai “anak baru”. Worry no more dear, karena cara-cara berikut dapat dilakukan untuk membuat diri Anda terlihat menonjol di kerumunan.

    Percaya Akan Kemampuan Diri

    Modal paling utama agar tampil menonjol di tempat kerja baru adalah rasa percaya diri. Percayalah pada kemampuan yang dimiliki dan jangan biarkan lingkungan baru mengintimidasi Anda. Pastikan Anda terlihat percaya diri dan tidak sombong, menatap mata lawan bicara, berdiri atau duduk dengan tegap, serta menggunakan suara yang jelas dan lantang saat berbicara.

    Kooperatif Dengan Rekan Kerja

    Di setiap tempat kerja, kerja sama dan kolaborasi antar rekan kerja adalah hal yang penting. Jadi berusahalah untuk kooperatif dengan rekan kerja Anda. Selalu berkomunikasi secara terbuka, bangun kepercayaan, dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang ditugaskan. Jadilah seseorang yang ramah dan baik kepada semua orang dan tinggalkan konflik yang dapat membahayakan karir Anda.

    Pahami Budaya Kerja



    Agar menonjol di tempat kerja baru, Anda harus memahami budaya kerja yang ada. Budaya kerja menjadi panduan penting dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Dengan memahami budaya kerja, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar dan sesuai dengan nilai perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk bertanya pada rekan kerja tentang cara mereka mengerjakan pekerjaan mereka.

    Tunjukkan Komitmen



    Jika ingin menunjukkan kesan pertama yang baik, hal yang dapat dilakukan adalah menunjukkan komitmen untuk mengembangkan karir pada atasan dan rekan kerja. Meskipun Anda tidak mengetahui secara detail jenjang karir yang dapat ditawarkan, tidak ada salahnya untuk menyampaikan impian, aspirasi, serta keinginan Anda untuk terus maju dan berkembang.

    Lampaui Ekspektasi Atasan

    Pertama-tama, temukan apa yang atasan Anda inginkan dan cara untuk melampaui harapannya atas diri Anda. Kemudian, tunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang komunikatif, mampu memotivasi diri, dan memerhatikan detail pekerjaan. Tidak perlu menjadi karyawan yang terlalu “pamer”. Ekspektasi atasan dapat dilampaui ketika Anda konsisten menyelesaikan pekerjaan dengan baik. (Hana Devarianti / VP / Image : dok. opolja / iStock / Thinkstock)