Lifestyle

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menginstal Aplikasi

  by: Hagi       23/2/2015
  • Perkembangan teknologi membuat Anda mendapat banyak kemudahan. Termasuk bagi pecinta traveling, karena berbagai aplikasi traveling dapat diinstal dalam smartphone. Aplikasi ini tentu saja akan memudahkan Anda mulai dari persiapan sampai perjalanan menuju destinasi.

    Dengan mudah Anda dapat memesan tiket pesawat dan kamar hotel hanya dari smartphone. Tak hanya itu, aplikasi maps juga sangat membantu agar Anda tak tersesat di daerah yang baru. Tak mengerti bahasa setempat? Tenang. Banyak kamus digital yang bisa Anda download dengan mudah. Cosmo punya tip untuk memilih aplikasi yang tepat untuk Anda pecinta traveling. Simak!

    1. Download Secara Resmi
    Tempat paling aman untuk men-download aplikasi adalah apps store resmi. Jika Anda menggunakan smartphone berbasis Android, hanya lakukan download aplikasi dari Google Play. Jangan tergoda untuk mengunduh aplikasi dari pasar atau penerbit tidak resmi yang banyak tersebar di internet. Meskipun gratis, aplikasi yang ditawarkan tidak melalui proses verifikasi yang ketat sebelumnya sehingga bukan tak mungkin aplikasi telah disusupi virus yang berbahaya bagi smartphone Anda. Selain itu, aplikasi yang Anda download pun legal secara hukum.



    2. Perhatikan Review dan Rating
    Review dan rating yang diberikan oleh pengunduh sebelumnya bisa menjadi referensi penting sebelum Anda menginstal sebuah aplikasi. Review merupakan testimoni dari pengguna aplikasi sebelumnya. Perhatikan testimoni yang mereka berikan, apakah aplikasi tersebut banyak memberikan kemudahan atau bahkan bermasalah setelah diinstal. Begitu juga dengan rating, supaya aman, pilih aplikasi yang memiliki rating di atas 4 bintang karena bisa disimpulkan jika pengguna cukup puas dengan kinerja aplikasi ini. Salah satu aplikasi traveling layak download karena ratingnya di atas 4 adalah aplikasi tiket pesawat Traveloka.

    3. Bandingkan Jumlah Download
    Jumlah orang yang men-download juga bisa jadi referensi penting sebelum menginstal aplikasi di smartphone. Aplikasi yang telah di-download oleh banyak pengguna bisa menjadi salah satu bukti bahwa aplikasi tersebut memang cukup baik. Tapi jumlah orang yang men-download tak bisa menjadi indikator tunggal. Anda harus tetap melihat testimoni atau review yang diberikan. Bisa jadi sebagian ada yang malah merasa dirugikan setelah menginstal aplikasi tersebut, hal ini bisa Anda ketahui dari review yang dituliskan.



    4. Perhatikan Deskripsi Aplikasi
    Aplikasi yang baik, bisa dilihat dari deskripsi yang ditulis di halaman apps store. Perhatikan gaya penulisan yang digunakan, apakah terdapat banyak kesalahan ketik, peletakan tanda baca yang tak semestinya dan lain-lain. Jika iya, bisa jadi aplikasi ini hanya alat yang digunakan pihak tak bertanggung jawab untuk menyebarkan virus dan semacamnya. Para developer bertanggung jawab akan menuliskan deskripsi sejelas dan sebaik mungkin agar calon pengguna mendapatkan informasi yang diperlukan.

    5. Baca Teliti Application Permission Security
    Sebelum menginstal aplikasi, akan muncul permission security yang biasanya meminta izin untuk mengakses data telepon Anda. Umumnya yang diminta adalah data kontak telepon, agenda kalender dan lokasi GPS Anda. Untuk aplikasi peta semacam Google Maps, permintaan izin menggunakan lokasi GPS Anda rasanya memang wajar dan bukanlah sesuatu yang aneh. Lain halnya jika sebuah aplikasi penerjemah bahasa meminta izin menggunakan data kontak telepon Anda, karena fungsi aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan kontak telepon. Jika menemukan sesuatu yang aneh pada application permission security, sebaiknya tidak menginstalnya. Bisa jadi aplikasi ini hanya merupakan alat mengumpulkan data pribadi penggunanya untuk dipergunakan tidak semestinya.

    So, jika ponsel saja sudah pintar, Anda sebagai pengguna juga harus lebih pintar ya! (HG/FT/Image: Dok. Traveloka)