Love & Sex

5 Tanda Hubungan Tidak Sehat

  by: Redaksi       26/2/2015
  • Cosmo tahu bahwa hubungan yang sehat adalah dambaan setiap pasangan. Tapi, ladies, tidak ada salahnya mengenal tanda-tanda Anda dan si dia sudah saling hilang rasa. Beberapa tanda di bawah ini bisa menjadi petunjuk Anda sedang menjalani hubungan yang tidak sehat.

    Selalu Bertengkar



    Salah satu tanda dari hubungan yang tidak sehat adalah pertengkaran. Memang dalam menjalani hubungan, pertengkaran adalah hal yang tidak terelakkan. Tapi bukan berarti hal itu boleh terjadi setiap hari. Bahkan, sampai-sampai Anda dan si dia tidak bisa memiliki perbincangan yang mendalam karena perbincangan sederhana saja dapat berakhir dengan adu argumen.

    Tidak Pernah Bertengkar

    Sebaliknya, tidak pernah bertengkar juga menjadi tanda adanya masalah dalam hubungan. Menurut psikolog klinis Lisa Blum, Psy.D pertengkaran justru baik untuk membangun komunikasi dan menjadi salah satu tanda hubungan yang sehat. Dalam hubungan yang sehat, dua orang akan merasa nyaman mengungkapkan pikiran, kekhawatiran, dan emosi mereka dengan tetap menghargai perasaan pasangan.

    Tidak Lagi Bersenang-senang

    Setiap hubungan yang sehat akan memicu rasa senang dan gembira di hati. Ketika Anda dan si dia sudah berhenti bersenang-senang, baik itu di ranjang maupun dalam kehidupan sehari-hari, sudah saatnya berwaspada. Hilangnya rasa bahagia ketika menghabiskan waktu bersama adalah tanda hubungan sudah tidak lagi sehat.



    Ingin Mengubah Jati Diri Pasangan

    Dalam hubungan yang tidak sehat, ada kecenderungan untuk mengubah si dia menjadi pasangan yang ideal. Terlalu terfokus mengubah jati diri pasangan menandakan tidak adanya lagi rasa saling menghargai antara satu sama lain. Ini juga menjadi resep rasa tidak bahagia sang pasangan, lho. Hubungan yang sehat akan terjadi ketika Anda dan si dia saling menghargai jati diri masing-masing.

    (Terlalu) Nyaman

    Yap, merasa terlalu nyaman dengan pasangan ternyata dapat menjadi bumerang dalam hubungan. Bahkan rasa terlalu nyaman dapat menghilangkan keintiman dengan pasangan. Ini karena saat merasa terlalu nyaman dengan hubungan yang dimiliki, Anda terkadang tidak lagi berusaha untuk memperhatikan kebutuhan si dia. Padahal hubungan yang sehat justru terjadi ketika kedua belah pihak saling berusaha untuk membahagiakan pasangan. ( Hana Devarianti/SW/Image: Wavebreakmedia Ltd/Wavebreak/Thinkstock)