Better You

Cara Merawat Notebook Agar Awet

  by: RedaksiCosmopolitan       28/2/2015
  • Sebagai wanita yang aktif, notebook pasti sudah menjadi salah satu gadget yang kerap Anda bawa ke mana-mana. Layaknya kekasih, notebook pun perlu Anda rawat agar tetap awet. Berikut Cosmo berikan lima cara untuk merawat barang elektronik Anda yang satu ini.

    Jaga Kebersihan Notebook
    Usahakan notebook bebas dari debu. Biasanya abu akan mudah masuk lewat keyboard laptop, untuk itu cobalah memakai keyboard protector untuk mencegah hal ini. Sebaiknya setelah Anda pakai, lap dengan kain putih agar tetap bersih.

    Rapikan Kabel
    Sebisa mungkin kabel-kabel yang terhubung ke notebook Anda harus tertata dengan rapi. Sama halnya dengan kabel ponsel, setelah Anda pakai kabel notebook pun harus Anda gulung dengan cara yang rapih agar tidak cepat rusak.



    Rawat Baterai Secara Teratur
    Ketika Anda ingin memakai notebook untuk waktu yang lama, sebaiknya isi baterainya hingga penuh terlebih dahulu – dalam kondisi sedang tidak Anda mainkan. Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara notebook saat dalam kondisi menyala, karena ini sangat penting agar tidak menyebabkan over-heating.

    Jangan Memindahkan Laptop Saat Masih Hidup
    Notebook yang masih menyala atau belum di shutdown/sleep berarti harddisk-nya juga sedang bekerja, sehingga apabila Anda gerakkan dapat menyebabkan head harddisk yang dapat menggores cylinder yang akan mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal.




    Jangan Sembarangan Mendownload Software
    Sekarang ini banyak sekali software yang di sebarkan ke internet secara gratis. Dan tidak sedikit dari software gratis yang bisa mengancam ketahanan notebook Anda. Scan terlebih dahulu file yang Anda download menggunakan antivirus yang ada sebelum memutuskan untuk menggunakan atau menginstalnya. (Salli Sabarrang/FT/Image: doc. Yuri Arcurs / Hemera / Thinkstock)

     



    tags: laptop, virus, awet