Career

5 Bahasa Tubuh Yang Dapat Meningkatkan Karier

  by: Redaksi       27/2/2015
  • Ladies, ada banyak cara untuk meningkatkan karier. Salah satunya dengan memiliki bahasa tubuh yang tepat. Ini karena postur tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan fisik lainnya memainkan peran penting dalam keberhasilan individu. Coba beberapa bahasa tubuh di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan promosi!

    Jaga Kontak Mata

    Manusia berkomunikasi bukan hanya dari kata-kata yang mereka keluarkan tapi juga dari tatapan mata mereka. Menjaga kontak mata dengan lawan bicara adalah tanda Anda memperhatikan dan menghargai lawan bicara. Jadi mulai sekarang coba jaga kontak mata yang konsisten dengan atasan dan rekan kerja Anda ketika mereka berbicara, agar mereka merasa menarik dan penting.



    Telapak Tangan Menghadap Ke Bawah

    Meski tidak terlalu disadari, bahasa tubuh ini ternyata dapat membentuk citra seseorang, lho. Banyak penelitian menunjukkan bahwa telapak tangan yang menghadap ke bahwah saat duduk atau berbicara memproyeksikan kepemimpinan dan otoritas. Coba perhatikan bagaimana posisi telapak tangan Presiden saat berpidato di podium. Yap, keduanya menghadap ke bawah!


    Senyuman Tulus

    Tersenyum memang bahasa tubuh yang ampuh untuk membuat orang lain merasa diterima. Tapi tunggu dulu, ladies. Jangan asal memberikan senyuman, ya. Ini karena senyuman yang terlihat dipaksakan justru akan membuat orang lain merasa tersinggung. Coba lah tersenyum dengan tulus karena itu adalah cara berkomunikasi hangat yang dapat membuat orang lain menjadi lebih terbuka.



    Jabatan Tangan Kuat

    Jabatan tangan ternyata dapat mencerminkan kepribadian Anda, lho. Terlebih karena jabatan tangan adalah salah satu “kesan pertama” ketika bertemu dengan seseorang. Journal of Personality and Social Psychology mengatakan bahwa wanita yang memiliki jabatan tangan yang kuat dianggap sebagai seseorang yang terbuka dan menyenangkan.

    Hindari Bahasa Tubuh Yang “Tertutup”

    Saat berinteraksi dengan orang lain hindari bahasa tubuh “tertutup” seperti menyilangkan tangan atau kaki dan membungkuk. Ini karena bahasa tubuh tersebut menjadi indikator permusuhan karena menggambarkan seseorang yang tidak bersahabat dan penuh rasa cemas. Lebih baik gunakan bahasa tubuh seperti duduk tegap dan tangan yang terbuka akan membuat Anda terlihat percaya diri dan ramah. (Hana Devarianti/SW/Image: monkeybusinessimages/iStock/Thinkstock)