Better You

Untuk Alasan Kesehatan, Jangan Pinjam-Meminjam Benda Ini

  by: Hana A. Devarianti       21/2/2016
  • Saling meminjam benda pribadi menjadi hal yang terelakkan. Entah itu meminjam sisir dari saudari Anda, menggunting kuku dengan gunting kuku yang dipakai seluruh anggota keluarga, hingga menggunakan earphone si dia. Padahal, untuk alasan kesehatan, tidak semua benda tersebut boleh dipakai bersama, termasuk enam benda yang ada di bawah ini. Simak!

    Handuk

    Handuk ternyata menjadi tempat menyebarnya berbagai masalah kulit, seperti infeksi jamur, bakteri penyebab jamur, hingga peradangan pada lapisan terluar mata yang dikenal dengan konjungtivis atau penyakit mata merah (pink eye). Selain memastikan bahwa tidak meminjamkan handuk ke orang lain, Anda juga harus mencucinya setelah empat kali pemakaian dan menjemurnya hingga benar-benar kering.



    Spons Mandi

    Karena spons mandi tidak benar-benar kering setelah digunakan, sangat mudah bagi jamur dan virus yang berasal dari kulit mati untuk tumbul dan berkembang biak. Spons mandi yang telah terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi yang menimbulkan jerawat dan jamur pada kulit.

    Earphone

    Penelitian menunjukkan bahwa earphone dan in-ear headphones dapat “membangkitkan” bakteri yang ada di telinga. Bakteri akan semakin berkembang biak ketika Anda menggunakannya saat berolahraga. Sebaiknya bersihkan earphone dengan kapas beralkohol secara rutin.

    Pinset



    Meminjamkan pinset yang bersih dan hanya digunakan untuk mencabut rambut dan bulu yang tidak diinginkan memang tidak apa-apa. Namun, terkadang benda ini juga digunakan untuk mencabut rambut yang tumbuh ke dalam serta membersihkan kulit yang mengelupas akibat luka. Ini membuat pinset dapat menyebarkan penyakit yang ditularkan melalui darah. Bukan tidak mungkin Anda dapat terkena hepatitis C atau HIV karena menggunakan pinset yang telah terkontaminasi.

    Gunting Kuku

    Meski orang yang menggunakan gunting kuku terlihat memiliki kuku yang sehat dan bersih, benda ini masih berisiko terkontaminasi kutil dan jamur lho. Saling pinjam-meminjam gunting kuku dapat mengakibatkan jamur pada kuku hingga infeksi virus HPV.

    Sandal Jepit

    Sandal jepit ternyata benda yang sangat personal, dear. Sangat mudah bagi jamur dan bakteri yang ada pada kaki untuk tumbuh di sandal jepit, terlebih sandal yang sering basah. Tidak heran jika sandal yang dipakai bersama-sama dapat menularkan berbagai penyakit kulit, seperti jamur, kutil, dan jerawat. (Hana Devarianti/VP/Image: Rohappy/shutterstock/click photos)