Career

Tips Agar Gaji Tak Cuma Numpang Lewat

  by: Salli Sabarrang       20/2/2016
  • Apakah Anda sering mengalami kantong kering di pertengahan bulan? Well ladies, tak usah khawatir, Cosmo punya trik jitu agar gaji Anda tak sekadar numpang lewat.

    Mulai Disiplin
    Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah disiplin dalam membagi keuangan sesuai dengan rencana dan anggaran. Selain itu, Anda juga harus lihai menahan diri agar tidak tergoda untuk berbelanja ataupun melakukan kegiatan yang tidak perlu dan hanya menguras gaji.

    Buat Box Pengeluaran
    Anggarkan uang ke dalam pos pengeluaran agar Anda mengetahui ke mana saja gaji Anda pergi. Pos-pos ini biasanya terdiri dari pos operasional yang meliputi sewa apartemen, makan, serta transportasi, pos utang untuk kartu kredit serta pos belanja dan hiburan.



    Lakukan Auto Debit
    Coba atur tabungan dengan sistem auto debit yang akan langsung dipotong dari rekening Anda. Selain melatih diri untuk disiplin, Anda juga akan lebih aman mengatur pos-pos pengeluaran selanjutnya.



    Pisahkan Tabungan
    Pisahkan rekening tabungan dengan rekening yang akan Anda pakai sehari-hari. Kalau perlu gunakan satu tabungan yang isinya tidak dapat Anda gunakan dengan mudah atau diganggu gugat dalam periode tertentu.

    Pangkas Kebutuhan Yang Kurang Penting
    Carilah pos keuangan yang bisa dihemat. Anda dapat memotong tagihan bulanan seperti pulsa, biaya internet, atau mengurangi dana hangout bersama the girls. Anda juga bisa berhemat dengan membawa bekal ke kantor, jadi pengeluaran untuk makan siang bisa Anda tabung. (Salli Sabarrang/ FT / Image: LuckyImages/ Shutterstcok/ click photos)