Love & Sex

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

  by: Salli Sabarrang       19/2/2016
  • Kesuburan memang penting bagi pria maupun wanita, apalagi bagi Anda pasangan newlywed  yang berencana memiliki keturunan. Ternyata meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma tak sesulit yang Anda bayangkan kok. Mau tahu caranya? Baca artikel ini sampai habis ya!

    1. Ternyata olahraga yang berlebih dapat berdampak negatif pada kesuburan sperma pasangan Anda, lho. Dalam sebuah studi di Amerika Serikat, para peneliti menemukan bahwa pelari yang berlatih lebih dari 90km per minggu mempunyai hitungan sperma yang lebih rendah dan sel-sel sperma yang kurang matang daripada pria yang berlari kurang dari 50km per minggu. Namun, latihan aerobik yang takarannya sedang seperti berjalan cepat atau berenang selama 20 menit sebanyak tiga kali seminggu, tidak akan berdampak pada produksi sperma.
    2. Apakah Anda senang memakai pelumas saat bercinta dengan pasangan? Jika iya, hentikan kebiasaan tersebut. Jeli dan bahan pelumas lainnya dapat mengurangi kelincahan sperma yang keluar dari Mr. Happy.
    3. Mandi air hangat pada suhu yang melebihi temperatur tubuh dalam periode terlalu lama dapat menurunkan produksi sperma. Jadi sebaiknya Anda tidak menghabiskan waktu lebih dari 15 menit sehari di dalam bathtub dengan suhu air lebih dari 36 derajat celcius.
    4. Berdasarkan penelitian, stres terbukti dapat menurunkan kualitas sperma seseorang. Untuk itu, sebaiknya Anda mengajak pasangan melakukan hal yang dapat melepas stres misalnya traveling atau nonton film.
    5. Atur pola makan Anda dan pasangan. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma yang dihasilkan, karena jaringan lemak dapat menaikkan temperatur di wilayah Mr.Happy dan membunuh sperma di dalamnya. (Salli Sabarrang/FT/Image: Kotin/ Shutterstock/click photos)