Better You

5 Tips Networking Untuk Para Introvert

  by: Alvin Yoga       4/2/2017
  • Bagi Anda yang introvert, membangun networking dan membuka obrolan dengan orang asing pasti selalu terasa sedikit... menegangkan. But that's okay dear, Cosmo sudah punya tipsnya. Kali ini jika ada yang menyapa atau melempar senyuman pada Anda, you know what to do.

     



    Jangan Malu Untuk Membuka Percakapan

    Catat! Introvert dan pemalu bisa jadi merupakan dua hal yang berbeda. Introvert berarti Anda memilih untuk tidak membuka diri, sedangkan pemalu adalah sifat dimana Anda ragu untuk memulai percakapan – walau sebetulnya Anda ingin melakukannya.

    Stop memberi label pada diri sendiri bahwa Anda tidak bisa; Anda hanya menolak untuk melakukannya. Reality is, Anda bisa saja seorang pemalu, namun di saat yang sama Anda pandai mingle dengan orang banyak. Networking adalah sebuah kemampuan yang bisa Anda pelajari, kok. Ingat, yang perlu Anda lakukan adalah berani membuka percakapan.

     

    Lupakan Hal Negatif yang Mengganggu Pikiran

    Nyatanya, tubuh Anda bergerak seirama dengan apa yang Anda pikirkan: apa yang ingin Anda lakukan, apa yang Anda rasakan saat ini, dan sebagainya. Jika Anda berpikir mingling adalah sebuah tindakan yang akan membuat stres, maka tubuh Anda akan bereaksi exactly seperti yang Anda pikirkan. Rasa cemas akan meningkat, otot tubuh akan lebih kaku, dan apa yang Anda bicarakan menjadi terbata-bata.

    Truth is, pikiran Anda terbiasa untuk melakukan berbagai cara agar survive dari situasi yang sedang dihadapi. Maka dari itu, satu-satunya jalan keluar adalah dengan melatih otak untuk berhenti memikirkan hal-hal negatif dan mulai berpikir bahwa memulai pembicaraan (memang) tidaklah sesulit itu.

     

    Pikirkan Skenario Terbaiknya

    Bayangkan dalam pikiran Anda bahwa tantangan tersebut tidak ada. Most of the time, Anda terbiasa untuk berpikir mengenai skenario terburuk dari percakapan tersebut: Bagaimana jika saya salah menyebutkan sesuatu, atau melakukan sesuatu yang bodoh selama berbincang – seperti tidak sengaja menjatuhkan minuman? Bagaimana jika tangan saya berubah dingin dan gemetar? Bagaimana jika ternyata saya tidak masuk dalam obrolan mereka?

    Ladies, berhenti memikirkan hal tersebut dan mulailah berpikir soal skenario terbaik yang bisa Anda lakukan. Bagaimana jika saya mendapat kenalan baru untuk bisnis saya nanti? Bagaimana jika saya mendapat tawaran menarik dari obrolan tersebut? Bagaimana jika ternyata si dia adalah seorang traveller yang sarannya sedang saya butuhkan? Bagaimana jika ia memiliki koneksi yang selama ini saya cari? Apa kesempatan yang bisa saya dapat dari obrolan tersebut? Hal seperti inilah yang bisa saja Anda lewatkan ketika Anda terlalu malu untuk membuka percakapan.

     



    Cari Kesamaan

    Jika Anda berpikir Anda adalah satu-satunya orang yang malu untuk membuka percakapan, girl we've got a good news for you. Anda bukan satu-satunya yang merasa seperti itu. Inilah kesamaan yang sedang Anda hadapi dengan puluhan orang di sekitar Anda. Yup, ada banyak orang yang merasakannya, namun masing-masing memiliki caranya sendiri untuk mengatasinya. It is about time that you find your own way.

    Triknya, cari kesamaan antara Anda dengan orang yang Anda ajak bicara. Obrolan biasa menjadi lebih mudah ketika sedang membicarakan sesuatu yang Anda tahu betul Anda sukai. Ketika kalian sudah “klik”, maka saat itu Anda bisa mengajak yang lain untuk ikut dalam percakapan. Find the common ground: mulai dari menu restoran yang sama-sama Anda sukai, film yang baru saja kalian tonton, job desc yang mirip, anything!

     

    New Behaviors Are Like New Shoes

    Yup, sama seperti saat Anda menggunakan sepasang sepatu baru, awalnya pasti akan terasa sedikit kaku. Namun semakin sering Anda memakainya, sepatu tersebut akan terasa makin nyaman. Begitu juga dengan networking. Anda mungkin merasa kesulitan dan kurang nyaman pada awalnya, namun semakin sering Anda mencoba, hal tersebut akan menjadi kebiasaan baru yang baik.

    Ingat, mingling adalah skill yang bisa Anda pelajari, dan cara terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan melatih kebiasaan Anda. It takes time and practice, but it is possible. Good luck, ladies!

    (Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Outnow.ch)

     

    Baca juga:

    Tip Kencan Untuk Sang Introvert

    Jika Anda Memiliki Pasangan Introvert

    Trik Mingle dengan Sahabat Kekasih