Better You

Ini Dia Penyebab Kenapa Anda Sering Merasa Haus

  by: Redaksi       19/2/2017
  • Kendati menurut Anda konsumsi air mineral sudah mencukupi, tapi rasa haus yang tak tertahankan kerap menyerang di sela kesibukkan. Apa sebabnya? Yuk, simak!

    Dehidrasi Karena Kurang Kandungan Mineral
    Teorinya adalah konsumsi minimal 8 gelas air mineral setiap harinya. Tapi pada kenyataannya kebutuhan tubuh tiap orang tidaklah sama. Bukan hanya sekadar air yang Anda minum, konsumsi makanan dengan kandungan mineral juga dibutuhkan dalam tubuh. Saat aktivitas Anda berlebih, selalu luangkan waktu untuk minum agar kebutuhan tubuh tetap terjaga. Selain itu, banyak penyebab lain tubuh Anda mengalami dehidrasi, seperti olahraga dan diare. Penggantian cukup carian yang sudah keluar oleh aktivitas tersebut sangatlah penting.

     



    (Baca juga artikel: 5 Mitos Kesehatan yang Ternyata Salah)

     

    Anda Mengonsumsi Terlalu Banyak Garam
    Keseimbangan natrium dan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kinerja organ. Saat kandungan natrium lebih tinggi, tubuh akan bekerja sangat keras untuk mencairkan darah, yang biasanya akan lebih ringan jika kandungan air tercukupi. Ini sebabnya Anda akan lebih mudah merasa haus.

    Anda Sedang Mengonsumsi Obat-Obatan
    Beberapa kandungan dalam obat yang Anda konsumsi akan menyerap air dalam tubuh lebih banyak untuk buatnya bekerja dengan baik. Oleh karenanya, mengomsumsi air lebih banyak dalam keadaan ini sangat dianjurkan agar tak mengganggu kinerja ginjal dalam memprosesnya dan terhindar dari dehidrasi.

     



    (Baca juga artikel: 5 Makanan yang Dapat Membuat Anda Semakin Lapar)

     

    Anda Mengidap Diabetes
    Kelebihan kandungan gula dalam tubuh menyebabkan gejala salah satunya adalah lebih sering buang air kecil. Dalam keadaan ini secara otomatis kebutuhan air Anda akan terus meningkat agar tetap seimbang. Saat Anda sudah lebih banyak mengonsumsi air dari biasanya dan tetap merasa haus berlebih, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

    Mengalami Gangguan Imun
    Salah Satu gejala yang diakibatkan dari penyakit ini adalah mata dan mulut yang kerap merasa iritasi atau kering, hingga buat Anda kerap merasa haus. Setiap kali mengonsumsi makanan, mulut Anda kerap merasa kering yang berlebihan dan membutuhkan banyak sekali air untuk “membasahinya”. Jika gejala ini kerap menghantui segera konsultasikan dengan dokter Anda. (Irfina Indriyani / VP / Image: doc. Undrey / Shutterstock / Clickphotos)