Love & Sex

13 Fakta Menarik Tentang Puting Payudara

  by: Silvya Winny       17/10/2017
  • Puting bukan hanya “aksesori” payudara Anda, tetapi juga bisa menjadi petunjuk adanya masalah kesehatan. Simak 17 fakta tentang puting payudara yang tersembunyi di balik pakaian Anda!

     

    1. Puting Tidak Identik

    Tidak ada puting manusia yang benar-benar identik, mulai dari bentuk, warna areola, dan ukurannya. Bahkan puting kanan dan kiri Anda sendiri bisa berbeda, lho.



     

    2. Kadang Keluar Cairan

    Sebagian besar wanita akan mengeluarkan cairan dari puting ketika ditekan. Jika Anda tidak menekan namun keluar cairan bercampur darah yang hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter - cairan itu bisa saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara. Please be aware, ladies.

     

    3. Triple Nipple

     

     

    A photo posted by Lily Allen (@lilyallen) on

     

    Not one or two or three, but moreSupernumerary nipple atau puting tambahan sama sekali bukan sesuatu yang aneh, sebab 1 dari 50 wanita memilikinya. Biasanya puting tambahan terdapat di sekitar abdomen dan sering dikira tahi lalat atau tumor. Oh ya, penyanyi Lily Allen rupanya juga punya third nipple.

     

    4. Olahraga Bisa Menyebabkan Radang dan Iritasi Puting

    Tidak mengenakan sport bra yang pas saat olahraga bisa membuat puting tergesek dan mengakibatkan radang, kering, lecet, hingga luka. Akan tetapi, jika Anda tidak berolahraga namun puting berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, atau mengelupas, sudah waktunya untuk periksa ke dokter, dear. Bisa jadi ini tanda penyakit Paget, bentuk langka dari kanker yang terlihat dari perubahan puting dan areola. Mengoleskan petroleum jelly sebelum sesi gym Anda bisa jadi solusi tepat.


    Baca Juga: Pilihan Bra Yang Sesuai dengan Bentuk Payudara 


    5. Puting Memiliki Rambut

    Tak perlu minder atau khawatir saat Anda berkaca dan melihat ada rambut di sekitar puting! Keadaan ini natural, kok. Jika ingin dihilangkan, Anda bisa mencukur dengan hati-hati, tetapi jika folikel rambut terasa sakit, tumbuh semakin besar, gatal dan bersisik, cepat temui dokter - bisa jadi ini pertanda infeksi.

     

    6. Puting “Bersembunyi”

     

     

    A photo posted by Emily Ratajkowski (@emrata) on 



     

    Sekitar 15% wanita memiliki puting yang masuk ke dalam atau terbalik sejak lahir. Hal ini terjadi karena ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Puting terbalik tidak berbahaya bagi kesehatan, hanya saja akan menyulitkan ketika harus menyusui.

     

    7. Puting adalah Daerah Sensitif Pria dan Wanita

    Menurut penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi bagian otak yang sama dengan ketika Miss Cheerful, klitoris, atau Mr. Happy dirangsang. Catatan bagi yang menindik puting: Anda bisa kehilangan sensasi menyenangkan yang berasal dari rangsangan pada puting karena kerusakan saraf!

     

    8. Puting Bisa Memberikan Rangsangan Sensual Yang Hebat

    Sama halnya pada Miss Cheerful dan klitoris, saat area ini mendapatkan stimulasi akan langsung mengirimkan sinyal kenikmatan pada otak Anda yang dengan segera mengalir ke seluruh tubuh.

     

    9. Orgasme Bisa Di Dapatkan Hanya Dengan Memberikan Rangsangan Pada Puting

    Menurut studi, sebagian wanita bisa mencapai the big O saat memainkan nipples secara intens. Pasalnya, puting Anda memiliki koneksi antara pusat kenikmatan di otak yang dengan cepat memberikan rangsangan ke seluruh tubuh.

     

    10. Bentuk Puting Normalnya Bergelombang

    Di dalam nipples Anda terdapat folikel rambut, saluran dan kelenjar minyak untuk menghasilkan pelumas. So, saat mendapati bentuk puting payudara yang seperti permukaan bergelombang, Anda tak perlu khawatir.

     

    11. Kenali Gejala Kanker Payudara Melalui Warna Puting

    Anda bisa mendeteksi gejala kanker jika mendapati warna kemerahan di sekitar areola dan puting yang bertahan lama dan tak memudar.

     

    12. Ukuran Puting Dapat Berubah

    Pengaruh berat badan atau momen hamil dan menyusui bisa mengubah ukuran puting juga aerola Anda menjadi lebih besar beberapa kali lipat dari ukuran aslinya.

     

    13. Puting Juga Bisa Berubah Warna

    Faktor gen yang menyebabkan warna puting setiap individu bisa berbeda-beda. Mulai dari merah muda, merah, hingga cokelat tua. Namun seiring dengan perubahan hormin seperti hamil dan menyusui, warna asal puting Anda pun bisa berubah secara permanen.

     

    (Kezia Calesta / Soca Massardi / SW / Image: Ann Haritonenko / Shutterstock / Clickphotos)