Better You

Manfaat Memelihara Binatang untuk Kesehatan Anda

  by: Hana A. Devarianti       27/2/2018
  • Great news bagi para pecinta binatang! Karena memelihara binatang ternyata bisa membawa dampak positif untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk, manfaat memelihara binatang bagi kesehatan Anda.

     



    Memperbaiki Mood

    Kalau manfaat yang satu ini pasti sudah pernah dirasakan oleh mereka yang memelihara binatang. Yup, menghabiskan waktu bersama si “sahabat berbulu” memang bisa meningkatkan hormon bahagia Anda. Kabar baiknya lagi manfaat ini juga dirasakan oleh binatang peliharan Anda, lho.

    Buat Anda yang memelihara kucing, binatang yang satu ini bisa mengobati perasaan galau. Bahkan, pemilik kucing biasanya jarang merasa kesepian. Ini karena setiap kali memeluk kucing, hormon “cinta” oksitosin dilepaskan tubuh. Wow!

     

    Mengurangi Stres

    Bukan cuma meningkatkan mood, memelihara binatang ternyata bisa pula mengurangi rasa stres. Bermain dengan anjing selama lima menit saja sudah bisa menurunkan level kortisol, yaitu hormon stres Anda. Sebuah studi malah menemukan kalau mereka yang sedang letih akan merasa lebih relaks ketika bersama binatang peliharaan daripada bersama pasangan. Kalau kantor Anda pet friendly, bawa saja binatang peliharaan ke kantor. Mereka yang bekerja ditemani oleh anjing mereka memiliki level stres yang lebih rendah ketika di kantor.

     

    Mengurangi Rasa Sakit

    Percaya atau tidak, binatang peliharaan adalah obat terbaik untuk mengatasi rasa sakit. Memelihara binatang bekerja seperti obat Valium, yaitu mengurangi rasa cemas. Semakin berkurang rasa cemas, semakin berkurang pula rasa sakit. Loyola University juga menemukan kalau mereka yang menggunakan pet therapy saat masa penyembuhan setelah operasi memerlukan lebih sedikit obat dibandingkan mereka yang tidak.

     



    Mencegah Darah Tinggi

    Anda yang punya masalah darah tinggi sebaiknya mulai berpikir untuk memelihara binatang. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat, memiliki binatang peliharaan dapat menurunkan tekanan darah secara efektif. Marty Becker, penulis Your Dog: The Owner's Manual mengatakan hal ini ada hubungannya dengan kemampuan binatang peliharaan mengurangi stres. Kalau Anda tidak stres, tekanan darah pun akan lebih stabil.

     

    Mengaktifkan "Love Hormone"

    Sebuah penelitian di Swedia pada tahun 2015 menemukan kalau tingkat homron oksitosin a.k.a love hormone seseorang yang membelai, bermain, dan berbicara dengan anjingnya selama tiga menit akan meningkat. Bahkan, hormon ini sudah dapat meningkat semenit setelah memeluk anjing Anda. Hal ini terjadi karena kegiatan tersebut membangun perasaan well-being dan bonding. Awww...

     

    Membuat Anda jadi "Human Magnet"

    Siapa sih yang tidak tergoda untuk membelai dengan binatang peliharaan yang menggemaskan? Nah, kalau ingin berinteraksi dengan binatang peliharaan kan Anda juga harus ngobrol dengan pemiliknya. So, bukan hal yang aneh kalau binatang peliharaan mampu membuat Anda jadi pusat perhatian!

     

    Bikin Kurus!

    Percaya atau tidak, mereka yang memelihara binatang biasanya lebih sehat dan kurus dibandingkan mereka yang tidak. Alasannya? Well, binatang yang aktif membutuhkan pemilik yang aktif. Sehingga, Anda akan lebih banyak bergerak dan berolahraga ketika memiliki binatang peliharaan. Tidak hanya itu, kalau melakukan olahraga outdoor bersama binatang peliharaan, Anda lebih mungkin untuk bersosialisasi. Jadi, bukan hal yang tidak mungkin kalau Anda akan disapa oleh pria yang tampan saat mengajak anjing Anda jalan-jalan. Yaaas! (Hana Devarianti/SW/Image: Woottigon Angworakul©123RF.com)