Better You

Ini Alasan Anda Bau Mulut di Pagi Hari

  by: Kezia Calesta       6/2/2018
  • Siapa sih, yang tidak pernah mengalami bau mulut di pagi hari? Meski Anda sudah menyikat gigi pada malam sebelumnya, bau mulut memang seringkali sulit dihindari. Ugh, but why?

     



    Ternyata, alasan di balik fenomena tersebut adalah kurangnya air liur yang diproduksi oleh mulut saat tubuh sedang tertidur. Ahli gigi Mazen Natour menjelaskan bahwa air liur digunakan untuk mencuci bakteri dari mulut yang dapat menimbulkan bau. So, semakin kering mulut Anda, semakin kencang bau yang diproduksi oleh bakteri-bakteri tersebut! Karena itu, sebaiknya siapkan satu gelas air putih di samping ranjang Anda untuk diminum saat terbangun di tengah malam dan pada pagi hari.

     

    [ BACA JUGA: 5 Penyebab Bau Mulut Selain Tidak Sikat Gigi ]

     

     



    Ahli gigi juga mengungkap bahwa aksi mendengkur dan bernafas lewat mulut saat tidur juga membuat mulut semakin kering. So, bila Anda memiliki kebiasaan tersebut, jangan kaget bila nafas Anda di pagi hari tidak sewangi yang diharapkan!

     

    Jangan khawatir, bau mulut di pagi hari cukup normal, kok. Namun, bad breath akan menjadi semakin parah bila Anda tidak sikat gigi pada malam hari, karena sisa makanan dalam gigi dan mulut akan mendukung pertumbuhan bakteri. So, jangan malas sikat gigi, ya!

     

    [ BACA JUGA: 9 Makanan Ampuh Untuk Hilangkan Bau Mulut ]

     

    (Kezia Calesta / SW / Image: doc. @123RF)