Love & Sex

6 Alasan Anda Harus Hapus Foto Mantan di Media Sosial

  by: Hana A. Devarianti       9/2/2018
  • Ladies, dengar kata Cosmo: Anda harus menghapus foto mantan dari media sosial. Tidak perlu takut dibilang drama, karena sebenarnya menghapus foto mantan dari media sosial bisa mengobati patah hati dan bikin cepat move on. Tidak percaya? Baca enam alasan mengapa Anda harus menghapus foto mantan di media sosial di bawah ini.

     

    1. Melihat Foto Mantan Bisa Bikin Lupa akan Alasan Putus dari Dia



    Menurut studi yang dilakukan oleh Dr. Fox dan Dr. Robert S. Tokunaga bertajuk Romantic Partner Monitoring After Breakups, "menyimpan" foto mantan di media sosial dapat membuat Anda merindukan mantan. Well, tidak heran hal itu terjadi karena melihat foto-foto terkurasi nan sempurna bersama si dia di Instagram bikin Anda mengingat kembali momen-momen menyenangkan bersama dia dan... Melupakan begitu saja akan momen menyakitkan yang bikin putus!

    Hal ini juga yang membuat, "Anda memiliki keinginan untuk balikan dengan mantan," kata Dr. Fox. Errr... Padahal kan Anda ingin move on!


    [ BACA JUGA: Yang Harus Anda Lakukan Saat Si Mantan Ingin Kembali ]

     

    2. Bikin Anda Ingat Kalau Banyak Orang yang Menyukai Hubungan Anda dan Si Dia

    Boleh jadi kalau hingga kini foto liburan bersama mantan memang masih jadi foto dengan likes terbanyak. Namun, foto itu harus pergi dari Instagram Anda. Likes dan komen pada foto tersebut hanya akan membuat Anda ingat kembali kalau hubungan dengan si dia dulu begitu sempurna sehingga banyak orang yang senang melihatnya. Tapi itu dulu ya, sekarang kan hubungan dengannya sudah berakhir. Jadi, lebih baik foto itu di-delete saja deh!

     

    3. Para Pria Bisa Berpikir Kalau Anda Belum Move On

    Dr. Fox mengatakan, "Akan jadi tanda tersendiri buat para pria kalau Anda masih menyimpan foto-foto mantan." Meskipun hubungan telah berakhir sejak lama dan secara baik-baik, ada kemungkinan kalau para pria akan merasa khawatir ketika melihat foto mantan masih "berkeliaran" di media sosial. Bisa jadi mereka jadi ragu untuk mendekati Anda!


    [ BACA JUGA: 9 Cara Move On Dari Mantan Tanpa Harus Galau ]

     



    4. Makin Mudah Tergoda untuk Stalking Mantan

    Kalau foto mantan masih ada di media sosial dan dia di-tag di foto tersebut, Anda hanya butuh satu klik untuk bisa stalking kehidupannya. Niat stalking boleh jadi iseng-iseng, tetapi ujungnya Anda bisa menenggak dua gelas wine begitu melihat Instagram story mantan yang sepertinya sudah berhasil move on.

    Dr. Fox malah menyarankan untuk uninstall aplikasi media sosial dari smartphone. Sehingga, Anda butuh waktu dan usaha untuk melakukannya. Tidak menutup kemungkinan jadi lebih bijak ketika ingin membuka profil serta story Instagram sang mantan. Selain itu, untuk sementara waktu tidak ada salahnya juga untuk nge-block mantan.

     

    5. Menjaga Hubungan Baik dengan Mantan

    Yup, surprisingly menghapus foto dan menjaga jarak dengan mantan di media sosial justru bisa menjaga hubungan baik dengannya setelah putus. "Bicarakan dengan mantan soal hal ini, apakah lebih baik untuk tidak berteman dulu di media sosial dan unfollow selama beberapa waktu," tutur Dr. Fox. "Lalu, ketika sudah sama-sama bisa move on, Anda mungkin bisa menjalin hubungan kembali."

    Seharusnya mantan bisa memahami kalau Anda membutuhkan hal ini demi "kesehatan" hati dan perasaan. Kalau dia tidak mengerti, well... Untung saja sudah putus dari dia.


    [ BACA JUGA: 8 Aturan Berteman dengan Mantan Pacar ]

     

    6. Pada Dasarnya, Tidak Ada Alasan yang Bagus untuk Tetap Menyimpan Foto Mantan

    Bukannya tidak boleh menyimpan foto mantan sama sekali. Cosmo tahu kok terkadang foto-foto itu punya makna sentimental dalam hidup. Namun, membiarkannya berada di profil media sosial bukanlah ide yang baik karena Anda pasti membuka media sosial setiap hari. "Anda membutuhkannya berada di luar jangkauan penglihatan jika ingin lepas seutuhnya dari hubungan tersebut," ujar Dr. Fox.

    Apapun alasannya—entah karena masih ingin bersama mantan, Anda merindukannya, atau karena tidak ingin orang lain tahu betapa menyakitkannya ketika hubungan berakhir—memilih untuk menyimpan foto di profil media sosial yang dapat diakses setiap hari dapat mengartikan kalau Anda memilih untuk tidak move on. Hey, kalau Selena Gomez saja menghapus foto The Weeknd dari Instagramnya, mengapa Anda tidak? (Hana Devarianti / SW / Image: instagram.com)