Love & Sex

Apakah Kondom Yang Sudah Expired Aman Dipakai?

  by: Silvya Winny       28/2/2018
  • Cek performa kondom itu keharusan, tapi bukan hal yang seksi rasanya jika di tengah-tengah sesi bercinta Anda mengecek detail tanggal kedaluwarsanya. Kenyataannya, mengecek masa kadaluarsa kondom itu amat penting lho, ladies.

    Kebanyakan orang mengira bahwa selama kondom tidak berlubang atau terlihat cacat dengan kasat mata, tetap berperfoma baik. Yang perlu Anda tahu, bahan yang digunakan untuk kondom pun lama kelamaan akan mengendur secara kualitas dan berkurang fleksibilitasnya. Ini artinya, kemungkinan untuk rusak di tengah permainan semakin besar.

    Saat kondom rusak, bukan hanya risiko kehamilan saja (meskipun Anda telah mengonsumsi birth control sebelumnya), Anda juga bisa terancam STI atau STD (penyakit menular seksual).

    Deborah Arrindell, VP Kebijakan Kesehatan untuk Asosiasi Kesehatan Seksual Amerika mengatakan kepada Refinery 29 bahwa "kebanyakan kondom lateks dan poliuretan memiliki tanggal kedaluwarsa sekitar lima tahun dari tanggal pembuatannya. Dan jika Anda menggunakan kondom alami non-lateks, seperti yang terbuat dari kulit domba, perlu diingat bahwa mereka cenderung memiliki masa aktif terpendek. "

    Jadi bagaimana jika Anda tengah foreplay dan menemukan kondom kedaluwarsa, apakah sebaiknya Anda teruskan saja tanpa memakainya? OBNON Dr. Nerys Benfield menyarankan, "Terlepas dari semua risikonya, Anda dan pasangan akan mendapatkan kenikmatan dari penggunaan kondom kedaluwarsa atau tanpa kondom sama sekali." Tapi yang paling aman adalah cari dan gunakan kondom terbaru yang bisa Anda peroleh di minimarket terdekat.







    (Image: Yaroslav [email protected])