Lifestyle

Mengenal Lima Tradisi Imlek dari Seluruh Dunia

  by: Adya Azka       16/2/2018
  • Banyak tradisi unik yang dilakukan saat perayaan Imlek. Selain pembagian angpao yang tentunya selalu ditunggu, ada tradisi apalagi yang menjadi ciri khas saat Lunar New Year ini? Simak!

     

    Makan Ikan Bandeng
    Ikan dipercaya sebagai simbol kebahagiaan dan keberuntungan oleh warga keturunan Tionghoa. Maka dari itu, harga ikan biasanya melambung tinggi saat Imlek. Biasanya jenis ikan yang disantap saat imlek adalah ikan bandeng.



     

    Berbagi Angpao
    Inilah saat yang ditunggu-tunggu. Ketika uang dimasukkan ke dalam amplop berwarna merah dan dibagikan oleh mereka yang sudah menikah kepada para single. Warna merah digunakan karena dipercaya sebagai simbol kebaikan dan kesejahteraan.

     

    Bersih-Bersih Rumah
    Satu hari menjelang Imlek, semua orang berlomba membersihkan rumahnya masing-masing. Tradisi ini dipercaya dapat membuang sial, sekaligus dapat membuka gerbang untuk datangnya rezeki yang berlimpah.

     



    Pantang Makan Bubur
    Bubur dianggap sebagai salah satu simbol kemiskinan. Oleh karena itu, Anda tidak akan menemukan orang Tionghoa yang menyantap bubur saat perayaan Imlek.

     

    Potong Rambut
    Selain menyiapkan baju baru berwarna merah untuk memberikan rasa optimis menghadapi tahun baru, mereka yang merayakan Imlek biasanya akan memotong rambut terlebih dulu dua hingga tiga hari sebelumnya. Selain untuk memaksimalkan penampilan saat Imlek, potong rambut juga bermakna untuk buang sial.

     

    BONUS! Kumpul dengan Keluarga

    Yup, imlek adalah waktunya untuk kumpul dengan keluarga. Maknanya agar bisa saling mengenal satu sama lain, entah itu berasal dari keluarga ayah ataupun ibu. Ini karena di budaya Cina, sebutan untuk saudara dari keluarga ayah dan ibu berberda. Di imlek inilah kedua keluarga bertemu dan silaturahmi. How fun! (Adhia Azka/Hana Devarianti/IR/Image: Parinya [email protected])