Better You

13 Bahan Makanan Enak Untuk Kamu yang Ingin Diet Keto!

  by: Redaksi       6/2/2019
  • Diet Keto memang sedang naik daun akhir-akhir ini. Bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan, mengidap penyakit diabetes atau epilepsi, diet ini sangatlah cocok. Selain itu, penelitian mengemukakan bahwa diet keto ini juga berguna untuk para pengidap penyakit kanker tertentu, Alzheimer, Autisme, dan banyak lagi.  




    Diet ketogenik biasanya melimit jumlah karbohidrat yang diperbolehkan sebanyak 20 hingga 50 gram per hari. Walaupun tampak sulit dan menantang, tapi, banyak makanan bergizi yang bisa dengan mudah memenuhi kualifikasi diet jenis low-carb ini. Berikut Cosmo beri kamu rekomendasi 13 jenis bahan makanan enak untuk kamu yang ingin diet keto!


    1. Seafood

    Ikan dan kerang-kerangan sangat keto-friendly. Tiap jenis ikan kaya akan kandungan manfaat seperti Vitamin B, potassium, selenium tapi tidak mengandung karbohidrat. Walaupun begitu, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih jenis kerang-kerangan apa yang bisa kamu makan, karena mereka memiliki kandungan karbohidrat yang berbeda.


    Tak hanya keto diet friendly, ikan juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi yang mampu merendahkan tingkat insulin dalam tubuh dan meningkatkan tingkat kesensitivitasan insulin yang baik bagi penderita obesitas. Nah, kalau bisa, disarankan untuk mengkonsumsi ikan paling tidak dua porsi dalam seminggu.


    2. Sayuran rendah karbohidrat


    Sayuran hijau sangat baik untuk dikonsumsi kamu yang sedang menjalani diet keto. Sayur mayur, terutama sayuran hijau, mengandung karbohidrat sangat rendah tetapi tinggi kandungan nutrisi, seperti vitamin C dan mineral lainnya. Sayuran hijau mengandung persentase fiber yang banyak, yang tidak dicerna dan diserap tubuhmu layaknya jenis karbohidrat lainnya. Jadi, kandungan karbohidrat yang kamu makan sesungguhnya adalah jumlah karbohidrat dikurangi fiber yang dikandung sayuranmu.


    3. Keju dan dairy



    Berita baik bagi kamu pecinta keju – SEMUA JENIS KEJU KETO-FRIENDLY! Yep, that’s correct, kamu tidak perlu khawatir, cintamu pada keju tidak akan terhalangi. Dengan kandungan lemak yang tinggi dan karbohidrat yang rendah membuatnya aman dikonsumsi para keto dieters. Untuk kamu yang gemar yogurt juga bisa memilih plain Greek yogurt untuk membantu pencernaan sehari-hari.


    4. Alpukat


    Superfood yang satu ini tampaknya aman dikonsumsi segala jenis diet karena tinggi akan vitamin dan mineral, rendah karbohidrat dan tinggi fiber. Alpukat juga membantu memperbaiki level kolesterol dan triglyceride kamu.


    5. Daging putih dan merah


    Segala macam daging-dagingan dari yang merah hingga putih, sapi hingga ayam, semuanya aman untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet keto. Daging merah dan putih mengandung protein tinggi dan segudang nutrisi baik lainnya. Jika memungkinkan, pilihlah daging dari hewan yang diberi makan rumput dan organik.


    6. Telur


    Telur adalah satu dari sekian makanan tersehat yang memiliki segudang manfaat. Telur juga terbukti dapat men-trigger hormon yang mampu meningkatkan rasa kenyang dan menstabilkan tingkat gula darah dalam tubuh, sehingga mampu menekan keinginan kamu untuk makan atau ngemil.


    7. Minyak kelapa dan zaitun





    Pertama, minyak kelapa mengandung medium-chain triglycerides (MCTs). Tidak seperti rantai lemak panjang pada umumnya, MCT dapat langsung diambil oleh hati dan diubah menjadi keton atau digunakan sebagai sumber energi.


    Selain minyak kelapa, minyak zaitun dan buah zaitun juga baik dikonsumsi saat menjalani diet keto. Minyak yang kaya akan antioksidan ini dapat melindungi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi arteri.


    8. Kacang-kacangan dan biji-bijian


    Frekuensi konsumsi kacang yang sering dikaitkan dengan berkurangnya risiko penyakit jantung, kanker, depresi dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian kaya serat yang dapat membuat kamu merasa kenyang dan menyerap lebih sedikit kalori secara keseluruhan.


    9. Berries


    Sebagian besar buah memiliki kandungan karbohidrat dan gula terlalu tinggi untuk dimasukkan dalam diet ketogenic, tetapi buah beri adalah pengecualian. Buah beri rendah karbohidrat dan memiliki serat tinggi. Buah-buahan kecul ini dipenuhi dengan antioksidan yang terbukti ampuh dalam mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.


    10. Butter dan krim

    Kedua bahan makanan yang termasuk kelompok dairy ini dianggap lemak baik, walaupun banyak orang menjauhi butter, mentega, dan krim karena kandungan lemaknya yang tinggi, tetapi tidak dengan diet keto. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi produk susu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.


    11. Shirataki


    Produk karobohidrat pengganti nasi yang terbuat dari tumbuhan konyaku, atau yang lebih dikenal sebagai shirataki, merupakan tambahan yang fantastis untuk diet keto. Makanan yang akhir-akhir ini sangat digemari ini mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat dan hanya mengandung 5 kalori per porsi, karena kandungan utamanya adalah air. Serat kental shirataki yang membentuk gel memperlambat pergerakan makanan yang sedang dicerna di saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar dan naiknya tingkat gula darah dalam tubuh.


    12. Kopi dan teh tawar


    Kedua minuman ini pada dasarnya carb-free, lho, dan juga sangat sehat. Kandungan kafein dapat meningkatkan metabolisme dan kinerja fisik, kewaspadaan, dan mood. Peminum kopi dan teh terbukti dapat mengurangi risiko diabetes secara signifikan. Menambahkan krim kental ke kopi atau teh mu tidak menjadi masalah, tapi jauhi ‘’light’’ coffee dan teh latte, karena biasanya dibuat dengan susu non-lemak yang mengandung karbohidrat cukup tinggi.


    13. Bubuk dan cokelat hitam



    Kamu masih menganggap kalau mengkonsumsi cokelat adalah dosa tersendiri? Well, you’re wrong! Cokelat hitam bubuk dan batangan adalah sumber antioksidan yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Memang agak mengherankan kalau cokelat memenuhi syarat ketogenik, yang penting kamu memilih cokelat hitam yang mengandung minimum 70% padatan kakao, ya!  




    (Thalita Cahyani / Image: Doc. karandaevC123RF.com, ifongC123RF.com, dionisveraC123RF.com, Natasha BreenC123RF.com, Oleksandr ProkopenkoC123RF.com, PaylessImagesC123RF.com, Jaroslaw PawlakC123RF.com, deciusC123RF.com, Oleksandr ProkopenkoC123RF.com, Yodsawaj SuriyasirisinC123RF.com, jedimasterC123RF.com, bonddC123RF.com, Heinz LeitnerC123RF.com)