Lifestyle

8 Tips Feng Shui Rumah untuk Rezeki di Tahun Baru Imlek 2019

  by: Kezia Calesta       1/2/2019
  • Chinese new year is near! Apakah kamu ingin membawa rezeki dan keberuntungan ke dalam rumahmu di Tahun Baru Imlek ini? Sebagian besar kaum Tionghoa percaya bahwa ilmu feng shui Cina dapat membawa keseimbangan hidup, meningkatkan energi positif, dan mengundang kebahagiaan dan kemakmuran ke dalam tempat tinggal mereka. Penasaran? Kamu bisa menerapkan 8 tips feng shui rumah berikut untuk membawa rezeki di Tahun Baru Imlek 2019, alias tahun shio babi tanah.


    1. Spring Cleaning

    Satu rumah wajib dibersihkan sebelum malam tahun baru tiba. Simpan semua alat pembersih rumah seperti sapu, pel, kain lap, dan lain-lain dua hari sebelum hari Imlek, dan jangan menyapu juga pada hari tahun baru karena kegiatan tersebut dipercaya dapat mengusir keberuntungan dari rumah. Hindari juga penggunaan gunting atau pisau pada hari Imlek agar kamu tidak “memotong” rezeki.




    2. Wealth Bowl

    Isi mangkuk yang terbuat dari gelas atau keramik dengan recehan atau uang kecil, kemudian letakkan di samping pintu masuk. Setiap kali kamu mendapat koin recehan, letakkan di mangkuk tersebut untuk melambangkan kemakmuran yang menumpuk.


    3. Water Works

    Di tahun shio babi tanah ini, kamu dapat melancarkan rezeki dengan memajang foto atau lukisan yang bernuansa air seperti foto pantai, laut, air terjun, dan sungai untuk menghargai elemen tersebut. Ingin makmur, sehat, dan bahagia tahun ini? Lancarkan energi chi yang positif dengan menempatkan akuarium atau air mancur bambu di bagian depan rumah setelah pintu masuk.


    4. Tea Tradition

    Biasanya, kaum Tionghoa menganggap bahwa angka empat membawa sial… but this is an exception! Sudut bagian tenggara dalam rumahmu dianggap membawa kemakmuran tahun ini. Letakkan empat cangkir teh beserta pocinya di atas sebuah meja atau kursi di pojokan tersebut, kemudian isi dengan teh manis sampai keempat cangkir tersebut penuh. Gestur ini dilakukan untung mengundang empat raja dari empat sudut dunia yang akan membawa keberuntungan untukmu sepanjang tahun.


    5. Fish For Fortune

    Punya akuarium atau kolam ikan di rumah? Delapan ekor ikan dapat membawa keberuntungan di tahun baru 2019, lho. Tempatkan tujuh ekor ikan berwarna merah atau emas untuk melambangkan kemakmuran, keberuntungan, dan energi yang. Kemudian, tempatkan satu ekor ikan berwarna hitam untuk menyerap energi negatif dari rumahmu.




    6. Fruit Galore

    Berikut adalah buah-buahan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan di malam tahun baru: nanas, anggur, buah berbentuk bulat untuk kemakmuran, jeruk untuk melambangkan emas, mangga untuk memperkuat hubungan keluarga, dan lemon untuk menyingkirkan energi negatif.


    7. Midnight Farewell

    Saat jam menunjukkan pukul 12 malam pada Tahun Baru Imlek, bukalah semua pintu dan jendela rumah selama 10 menit untuk berpisah dengan tahun yang sudah berlalu dan mengundang tahun baru.


    8. Flags of Wishes

    Saat jam menunjukkan pukul 12 malam pada Tahun Baru Imlek, tulis sembilan hal yang kamu harapkan untuk tahun 2019 di atas kertas berbentuk persegi panjang, kemudian gantung di pohon atau tanaman tinggi di luar rumah. Konon saat ditiup angin, keinginanmu akan mencapai langit-langit dan dikabulkan.


    Menarik, ya? Last but not least, jangan lupa mengenakan lucky color yaitu warna merah pada hari Imlek untuk mengundang cinta dan kedamaian. Kamu juga bisa memakai baju atau cheongsam berwarna jingga atau kuning untuk memancarkan perasaan bahagia dan energi positif. Gong xi fa cai!


    (Image: doc. Chattrawutt Hanjukkam©123RF.com)