Better You

Coba Cara Ini untuk Jauhi Junk Food!

  by: Redaksi       3/2/2019
  • Tiap orang pasti memiliki titik lemah tersendiri akan kelezatan makanan cepat saji atau junk food. Kebanyakan orang memilih untuk mengkonsumsi junk food walaupun memang sebenarnya ya… merasa bersalah! Buat kamu yang merasa bisa relate dengan hal ini, jangan khawatir. Sebuah penilitian, yang diterbitkan oleh Journal of Marketing Research, menjelaskan bahwa menghirup aroma makanan yang dikategorikan sebagai junk food selama paling tidak dua menit dapat membantu kamu untuk lebih memilih makanan sehat, nih. Mungkin kamu bisa coba!




    Di dalam beberapa rangkaian penelitian, para peneliti menemukan adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara harum wewangian ruangan dan pemilihan makanan. Mereka menemukan bahwa ternyata, orang-orang yang lebih sering menghirup aroma makanan guilty pleasure kamu, seperti pizza atau cake, lebih kecil kemungkinannya untuk memilih atau membeli junk food, dari pada orang-orang yang lebih sering menghirup aroma makanan bernutrisi tinggi, seperti buah-buahan. Para peneliti mengkonfirmasi fenomena psikologis ini dengan menggunakan mesin nebulizer untuk menyemprotkan wewangian ke berbagai lingkungan, seperti kantin sekolah, supermarket, dan sebuah laboratorium.


    Triknya adalah untuk mencium aroma makanan dengan durasi yang cukup lama, setidaknya selama dua menit, untuk menekan craving-mu terhadap makanan. Ketika beberapa responden di tes untuk menghirup wewangian berbau pizza dan apel, lebih lama durasi mereka menghirup aroma makanan tidak sehat atau cepat saji, mereka akan lebih menjauhi jenis makanan tersebut. Hasil ini membuktikan bahwa aroma makanan yang dihirup cukup lama dapat menekan keinginan untuk mengkonsumsinya dengan membuat si penghirup merasa cukup dan puas.


    “Kami mengusulkan bahwa hal ini terjadi karena aroma indulgent food tersebut sudah mampu memuaskan secara psikologis otak, sehingga mengurangi dorongan untuk mengkonsumsi makanan tersebut secara aktual,” jelasnya.




    Jadi, lain kali, jika kamu ingin memesan makanan diluar atau memasak makananmu sendiri dirumah, coba berhenti sejenak. Mungkin keinginanmu untuk makan junk food berasal dari otakmu, dan bukan perutmu. Dengan begitu, kamu bisa memilih untuk makan makanan yang lebih bergisi dan bernutrisi tinggi.



    (Thalita Cahyani / Image: Doc. Tijana ProdanovC123RF.com)