Better You

Yuk, Relaksasi dengan Cara Ini!

  by: Redaksi       5/2/2019
  • Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa stress, yakni dengan melakukan yoga dan meditasi, membaca, bermusik, melukis, berjalan di tepi pantai, atau juga mendaki gunung adalah beberapa diantaranya. Namun, beberapa hal diatas memang tampak sulit dan memerlukan usaha lebih untuk melakukannya. Tapi, ada satu hal yang bisa mengurangi rasa stress atau kelelahanmu tanpa harus berusaha ekstra, nih girls, yaitu dengan berendam air garam.  




    Berendam air garam selama beberapa menit telah terbukti dapat men-destress pikiranmu dengan menstimulasi sebuah bentuk relaksasi. Garam jenis Epsom mengandung campuran magnesium dan sulfat, yang dapat diserap tubuh secara maksimal. Magnesium sendiri memiliki banyak peran dalam tubuh, termasuk mengurangi pembengkakan, membantu meningkatkan fungsi saraf dan otot, dan mengurangi penyumbatan pada pembuluh darah. Sementara itu, sulfat membantu meyerap nutrisi, menghilangkan sakit kepala, dan membuang racun dalam tubuh. Keduanya juga membantu memperkuat dinding saluran pencernaan. Sehingga, dengan berendam di dalam air yang dicampur garam Epsom ini sangat memberikan banyak manfaat.




    Nah, untuk mengurangi stress, mengalami stress sendiri mengurangi tingkat kandungan magnesium dalam tubuh secara drastis, dan jika seseorang mengalami stress kronik, tubuhnya kekurangan magnesium. Ketika garam Epsom dilarutkan ke dalam air hangat, magnesium yang terkandung akan diserap oleh tubuh dan menormalkan kembali level magnesium. Tingkatan magnesium yang normal akan menunjang relaksasi dan ketenangan. Magnesium juga mampu meningkatkan energi dan mengurangi rasa emosi. Berendam air garam juga mampu meningkatkan kualitas tidur dan konsentrasi, lho! Tak hanya itu, kamu juga akan mendapat keuntungan lebih dari berendam air garam ini, kulitmu dijamin akan menjadi lebih halus dengan bantuan dari kandungan mineral-mineral tersebut.






    Apabila kamu belum familiar dengan cara ini, cara melakukannya mudah sekali kok. Kamu bisa kunjungi supermarket atau toko obat terdekatmu untuk membeli garam Epsom ini. Banyak sekali jenis dan variannya, hingga ada yang di-infused dengan essential oil juga untuk menambah relaksasi. Setelah itu, isi penuh bathtub-mu dengan air hangat dan tambahkan sekitar 1,5 hingga 2 cup garam Epsom ke dalamnya. Kamu hanya perlu meluangkan waktu paling tidak, ya… 10 hingga 30 menit saja untuk mendapatkan manfaatnya. Cara ini sangat mudah - hanya perlu berbaring diiringi dengan musik sebagai latar! - dan tidak memerlukan biaya yang mahal, tapi memiliki segudang manfaat. So, tunggu apa lagi, girls?




    (Thalita Cahyani / Image: Doc. Анна Бортникова©123RF.com, Alena Ozerova©123RF.com, Anna Om©123RF.com )