Love & Sex

15 Pertanyaan untuk Topik Percakapan di Kencan Pertama

  by: Alvin Yoga       9/2/2019
  • Terlalu pusing memikirkan "Apa ya, pakaian yang pas untuk kencan nanti?" seringkali membuat kita lupa bahwa topik pembicaraan kencan juga menjadi salah satu hal yang (honestly) harus dipikirkan. Hey, bukankah kamu juga sering nervous dan bingung ketika akan melempar pertanyaan - terutama di kencan pertama? But worry no more, Elizabeth Kuhnke, seorang ahli body language serta penulis buku Body Language: Learn How to Read Others and Communicate with Confidence, membagikan tips seputar apa saja pertanyaan yang bisa kamu ajukan sepanjang kencan supaya kalian tidak terlihat awkward. Here's the list:


    1. Kalau kamu bisa traveling ke manapun kamu mau, ke mana kamu akan pergi sekarang?



    Jika jawabannya "Hmm, ke mana, ya? Duh, bingung," girl, you've got yourself a boring person. Tapi jika si dia bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan penuh percaya diri, kamu jadi tahu bahwa setidaknya dia tahu apa yang dia inginkan. Plus, kamu jadi bisa menebak apa yang ia suka dan hal apa saja yang menarik baginya.


    2. Apa hal unik yang kamu punya atau biasa kamu lakukan?


    Jika ia berani memberi jawaban yang benar-benar unik, kamu jadi tahu bahwa ia bukan tipe pria yang pemalu. Jika tidak, well, setidaknya kamu sudah berusaha untuk mencairkan suasana.


    3. Apa pekerjaan impianmu?

    Kamu jadi tahu apa yang memotivasi dan menginspirasi dirinya, sambil mencari tahu apakah karakternya sesuai dengan karaktermu.


    4. Kalau kamu tidak harus bekerja untuk mencari uang, apa yang akan kamu lakukan?

    Hal ini akan memberitahumu apa value yang ia miliki, serta apa saja kesukaannya. Jika jawabannya tidak membuatmu kagum, well, better to know now than later on down the road.


    5. Apa yang kamu suka dari kota ini?

    Jika hal yang kalian suka ternyata sama, kamu jadi punya alasan untuk kencan kedua.


    6. Apa serial televisi favoritmu?


    People's interests are reflected in what they like to watch. Kalau si dia rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton pertandingan sepakbola favoritnya, sedangkan kamu lebih sering menonton berita, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.


    7. Apa bacaan favoritmu?

    Hal ini akan menunjukkan apa saja passion-nya. Mungkin kamu juga bisa mencari tahu seberapa intelek dirinya dari sini.


    8. Siapa orang-orang yang menginspirasi dirimu?

    Dengan mengetahui siapa sosok yang menginspirasi dan apa yang orang tersebut lakukan, kamu jadi tahu seperti apa sosok dirinya, bagaimana dinamika keluarganya, dan seperti apa hubungannya dengan teman-temannya.




    9. Apakah kamu masih sering bertemu atau menghubungi sahabatmu waktu di sekolah dulu?

    Jawabannya menunjukkan sejauh apa si dia menghargai hubungan dan loyalitas.


    10. Apa hal paling spontan yang pernah kamu lakukan?

    Kalau kamu ingin mencari tahu seberapa fleksibel, risk-taking, dan fearless dirinya, pertanyaan ini jelas tak boleh kamu lewatkan!


    11. Apakah kamu bisa memberitahu sedikit soal keluargamu?


    Tak banyak orang yang mau bercerita soal keluarganya di kencan pertama. Namun jika ia berani menjawab pertanyaan tersebut, kamu jadi tahu seperti apa latar belakang keluarganya, apa pandangan hidup mereka, dan apa yang biasa mereka lakukan ketika sedang bersama.


    12. Cerita, dong, soal teman-teman terdekatmu!

    Jika kamu ingin benar-benar memulai hubungan dengan seorang pria, ketahuilah bahwa kamu juga harus bisa mengambil hati teman-teman terbaiknya serta menjadi sahabat mereka. Plus, membicarakan orang lain (yang kamu kenal dengan baik) biasa membuatmu lebih nyaman. Bye-bye awkward dates!


    13. Seperti apa kamu ketika masih kecil?

    Pemalu? Nakal? Pemberani? Jawabannya akan memberitahu seperti apa masa lalu si dia dan bagaimana kepribadiannya.


    14. Adakah hal yang benar-benar kamu inginkan saat ini?

    Cara yang mudah untuk mengetahui apakah si dia punya impian dan keinginan yang kuat, ataukah si dia tipikal orang yang laid back.


    15. Apa kalimat romantis ter-cheesy yang pernah kamu dengar?


    Why waste time with someone who doesn't enjoy a bit of flirtatious fun? Tertawa bersama sambil saling menceritakan suatu hal yang lucu akan membuat kencan kalian menjadi menarik. Plus, shared laughter are signs that you see life in a similar way. Sudah siap untuk kencan pertamamu, dear?


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com/uk. Perubahan telah dilakukan oleh editor. Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Outnow.ch)