Lifestyle

Wajib Baca! 5 Buku Ilustrasi Indonesia Yang Memotivasi Kamu

  by: Nadhifa Arundati       8/2/2019
  • Membaca buku memang selalu menjadi never ending hobby, dari masa ke masa buku tetap menjadi prioritas utama – meski saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Well, namun buku tak hanya melulu berkaitan dengan kata-kata, banyak para illustrator yang kini mencurahkan isi hatinya dalam sebuah buku yang pastinya sangat menarik untuk dibaca – Cosmo sangat yakin kalau 5 buku ilustrasi ini akan memotivasi hidup kamu. Simak!


    The Book Of Invisible Questions – Lala Bohang





    Lala Bohang telah mengeluarkan 3 buku ilustrasi, yakni "The Book Of Forbidden Feelings", "The Book Of Invisible Questions", dan "The Imaginary Beliefs" (yang akan rilis pada 19 Februari mendatang) – semua bukunya tentu membuat para pembaca hanyut oleh emosi yang disalurkan oleh Lala Bohang, yang secara garis besar membahas tentang getirnya kehidupan sehari-hari yang kita jalani. Also, Lala Bohang juga mempersembahkan ilustrasi surealis yang bakal bikin kamu berkata, “Yup! This is so me!”


    Stories For Rainy Days – Naela Ali



    Yes, ilustrator yang satu ini memang memiliki ciri khas tersendiri – ilustrasi yang ia buat selalu diaplikasikan dengan watercolor, apalagi jika membaca bukunya yang berjudul "Stories For Rainy Days" – sungguh menyentuh! Buku ini merupakan kumpulan cerita pendek yang tentunya sangat pas untuk dibaca saat hujan sedang tiba (feel so melancholy). Buku "Stories For Rainy Days" telah diterbitkan dalam 3 volume, ia juga menulis beberapa buku lainnya yang berjudul "Things & Thoughts I Drew When I Was Bored" dan "Floating in Space" yang bakal bikin kamu baper saat membacanya.


    #88LoveLife – Diana Rikasari





    Diana Rikasari mungkin memang dikenal sebagai fashion blogger di Indonesia – her quirky style totally inspires everyone. Namun ia juga mengeluarkan sebuah buku yang berjudul "#88LoveLife" – bahkan telah menjadi best seller! Buku ini memberikan makna tentang kehidupan percintaan, sangat relatable pastinya dengan kisah cinta kamu saat ini. Diana Rikasari berkolaborasi dengan Dinda Puspitasari, selaku ilustrator. Meski buku ini tentang cinta-cintaan, tetapi saat melihat ilustrasi yang disajikan malah akan bikin kamu merasa gemas – cause it’s sooo Diana Rikasari.


    Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) – Marchella FP



    Siapa yang tak tahu dengan buku ini? Yes, “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” berawal dari sebuah akun di Instagram, yang memberikan kata-kata mutiara seputar kehidupan dan percintaan, dan sangat memotivasi banyak orang (biasanya penulis dan pembaca sering berinteraksi melalui direct message di Instagram). Followers dari akun @nkcthi sendiri sudah mencapai sekitar 950.000 orang, wow. Buku ini terbit pada Oktober 2018 – Marchella juga membuat playlist lagu di Spotify yang bernama “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”, dimana ia bertujuan untuk membangun emosi para pembaca sambil mendengarkan deretan lagu-lagu yang sudah Marchella pilih. Hidup kamu terasa sangat berat? Well, you better read this book, soon.


    The Petite World – Yu Yessi Lesmana



    Buku ini sangat menarik – merupakan kumpulan puisi dengan ilustrasi yang sangat out of the box karya Yu Yessi Lesmana (penulis) dan Kathrin Honesta (ilustrator). Meski puisi ini menggambarkan tentang kesedihan dalam hidup, namun ilustrasi yang ditampilkan cenderung lebih berwarna, membuat kita berpikir kalau perpaduan warna cerah tetap bisa mempersembahkan ekspresi yang dark. Buku ini dibagi menjadi 4 bab yakni Memories, Love, Her, dan Hope – jika kamu sedang healing dari patah hati, Cosmo merekomendasikan kamu untuk membaca puisi-puisi dari "The Petite World".


    So, tak ada salahnya kan menjadi bookworm? Karena buku juga menjadi salah satu tempat untuk memberikan kamu motivasi, dengan kata-kata dan ilustrasi yang membuat kamu mudah tersentuh. Enjoy!

    (Image: Doc. Instagram @naelaali)