Beauty

Cara Tepat Merawat Kulit Wajah Berjerawat

  by: Kissy Aprilia       11/2/2019
  • Jenis kulit wajah berjerawat membutuhkan perawatan ekstra. Kamu perlu membersihkan wajah dengan produk cleanser yang mengandung formula anti-acne, tetap menjaga tingkat kelembapan kulit, dan melindunginya dari bakteri P.Acne. Selain itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih produk skincare, karena jenis kulit berjerawat rentan mengalami reaksi terhadap beberapa formula tertentu.

    Lalu, bagaimana cara tepat merawat kulit wajah berjerawat? Ikuti langkah-langkah berikut ini!




    Gunakan Produk Face Cleanser Sesuai Jenis Kulit

    Kenali tingkat produksi minyak pada kulitmu. Pilih produk pembersih wajah yang bersifat deep cleansing jika jenis kulitmu cukup berminyak, agar kotoran terangkat dengan optimal. Tapi, jika cenderung normal, gunakan produk gentle cleanser karena tidak berisiko membuat kulit semakin kering atau bahkan iritasi. 

    Baca juga: Produk Pembersih Wajah Favorit Redaksi Cosmopolitan!


    Jangan Lupakan Toner dan Vitamin C

    Toner berfungsi mengembalikan keseimbangan pH dan menenangkan kulit, sekaligus mengoptimalkan proses cleansing. Untuk mendapatkan perlindungan anti-acne, kamu juga membutuhkan vitamin C yang bekerja menyembuhkan peradangan serta mempercepat pembentukan jaringan kulit baru. Solusinya? Pilih toner yang memiliki kandungan vitamin C. 

    Baca juga: 5 Alasan Toner Penting untuk Kecantikan Kulit Wajah


    Rutin Eksfoliasi dengan Ringan

    Kulit wajah berjerawat perlu perawatan eksfoliasi. Namun, melakukannya terlalu sering berisiko menyebabkan iritasi. Kamu dapat mencoba produk glycolic atau salycylic acid, yang punya manfaat mencerahan kulit dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Psst, rutinitas ini juga dapat membantumu menghilangkan noda bekas jerawat, lho!


    Kontrol Minyak dan Kelembapan di Kulit

    Memiliki jenis kulit wajah berminyak—yang cenderung berminyak—bukan berarti menyingkirkan produk moisturizer dari rutinitas kecantikanmu. Perlu kamu tahu bahwa jika kulit mengalami dehidrasi, maka kelenjar sebum akan memproduksi lebih banyak minyak yang memicu jerawat. Pilih produk moisturizer water-gel based yang baik untuk kulitmu.




    Pilih Skincare Anti-Acne yang Tepat

    Sebenyak apa pun produk anti-acne yang kamu gunakan, tidak akan memberikan hasil terbaik tanpa kandungan yang tepat. Pastikan produk yang kamu pilih mengandung salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, sulfur, retinol, dan vitamin c, khususnya untuk produk serum. 


    Selalu Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

    Tahukah kamu kalau kulit mengalami regenerasi maksimal di saat tidur? Artinya, kotoran dan sisa makeup yang tidak kamu bersihkan usai seharian beraktivitas akan menghalangi proses perbaikan kulit—dan justru menjadi penyebab masalah. Pilih produk makeup remover dan face cleanser yang memiliki formulasi hypoallergenic, sehingga aman untuk kulit wajah berjerawat dan sensitif. 


    Deep Cleansing dengan Masker

    Bersihkan minyak dan kotoran dalam pori-pori kulit yang sulit terangkat dengan menggunakan masker. Akan tetapi, kamu tidak boleh memilih sembarang masker, girls! Bila memiliki jenis wajah berjerawat, sebaiknya gunakan jenis masker clay yang dapat menyerap residu di dalam pori-pori lebih maksimal. Hasilnya, kulit bebas dari masalah penyebab jerawat, lebih halus, dan cerah!

    Baca juga: Ini Masker Wajah yang Sesuai Kebutuhan Jenis Kulit Kamu


    Beralih ke Kosmetik Non-Comedogenic

    Meski tidak termasuk dalam kategori produk yang merawat wajah, kosmetik adalah teman sehari-hari. Setuju? Jika iya, mulai sekarang kamu harus memilih produk kosmetik non-comedogenic agar tidak membuat pori-pori tersumbat—dan semakin memperburuk kondisi jerawat. 


    (Kissy Aprilia, Image: Ksenia Varapaeva on Unsplash.com)