Better You

Upaya Mencintai Diri Melalui Meditasi dan Motivasi

  by: Redaksi       15/2/2019
  • Self-love adalah satu hal yang wajib dimiliki bagi setiap orang, terutama wanita. Jika kamu belum atau masih kurang dalam memiliki kemampuan untuk mencintai dirimu sendiri, jangan khawatir, kamu tidak sendirian, kok! Sebabnya, masih banyak sekali orang yang mengalami kesulitan tersebut karena satu dan lain hal yang menjadi hambatan.  




    Seringkali, kita sebagai pekerja terlalu sibuk sehari-hari karena memiliki segudang kegiatan yang menghambat kita untuk memiliki waktu relaksasi dan waktu untuk mengenal diri kita sendiri. Dengan begitu, kita berkecenderungan untuk mendahulukan ‘kepentingan’ dan ‘kebahagiaan’ orang lain. Nyatanya, kita harus bisa membahagiakan diri kita terlebih dahulu, agar bisa membahagiakan orang lain juga.


    Bersama Tim Golden Space Indonesia, dengan Helena Abidin sebagai Corporate Director, Cosmo dan peserta lainnya diberikan kesempatan untuk mengikuti sebuah intimate sharing session bertema “Loving Me More by Helena Abidin” pada hari Selasa (12/02) bertempat di Monty’s Jakarta. Melalui sesi ini, Cosmo jadi lebih tahu apa saja cara dan bagaimana gambaran akan pentingnya mencintai diri sendiri, nih. Mau tahu seperti apa acaranya? Yuk, simak!




    1. Meditasi

    Setelah para peserta dimanjakan dengan hidangan afternoon tea, Helena menuntun para peserta untuk melakukan meditasi singkat untuk mengawali sesi ini. Meditasi ini ditujukan untuk mengangkat semua energi negatif agar tubuh dan pikiran terasa lebih relaks. Meditasi ini kemudian bertujuan agar kita dapat memikirkan tentang tiga hal: “Siapakah diri kita?”, “Apa saja hal-hal yang dianggap penting dalam hidup?”, dan “Tiga hal yang sering membuat kita merasa sedih dan kecewa”.



    2. Memahami

    Setelah diajak untuk mendalami dan berpikir tentang diri kita melalui meditasi singkat tadi, para peserta kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Peserta pun juga diajak untuk membagikan apa yang mereka tulis kepada peserta lain yang cukup intim dikarenakan hal-hal ini merupakan hal yang sensitif. Helena juga membagikan tip untuk mengatasi kegelisahan dalam hidup, seperti mencari tahu siapa jati diri kita, menemukan masalah yang kita hadapi yang kerap menjadi hambatan dalam diri kita berkembang, untuk menghindari hanya menyalahkan orang lain karena kita pun juga pasti memiliki bagian dalam menciptakan masalah tersebut, menerima diri sendiri, dan tip-tip lainnya.




    3. Motivasi

    Sesi kemudian dilanjutkan dengan membaca motivational quotes dengan harapan dapat membantu memberikan sugesti untuk membangkitkan diri ketika sedang melewati masa-masa sulit. Kutipan-kutipan ini pun beragam bunyinya, seperti “I forgive you, and I forgive myself” dan “I trust myself and I do not need other’s approval.”


    Selain mendapatkan sebuah paket yang berisi motivational cards, setiap peserta juga mendapatkan bingkisan cantik yang bisa dibawa pulang berupa natural bar soap dan natural candle handmade dari Love and Bath di akhir acara.


    Apabila kamu tengah merasa stres, sedang melewati masa-masa yang kamu rasa sulit untuk dihadapi sendiri, atau mungkin hanya ingin mencoba meditasi, kamu bisa coba mengikuti berbagai kelas menarik yang ditawarkan oleh The Golden Space Indonesia. Kamu bisa kunjungi website-nya atau tengok berbagai promo melalui akun Instagram officialnya @thegoldenspaceindonesia.




    (Thalita Cahyani / Image: Dok. The Golden Space Indonesia dan Cosmopolitan Indonesia)