Lifestyle

Tak Disangka, Ini 8 Manfaat Unik Daun Mint Bagi Kesehatan

  by: Kezia Calesta       19/2/2019
  • Sejak ratusan tahun yang lalu, mint dikenal sebagai penyegar mulut yang efektif. Daun mint sendiri memiliki sekitar 24 spesies berbeda, termasuk peppermint dan spearmint yang ekstraknya seringkali digunakan untuk pasta gigi, permen, teh dan essential oil. But wait, apakah kamu tahu bahwa daun mint sebetulnya bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuhmu? Simak kegunaan daun mint berikut.


    1. Mencegah Bau Mulut

    Mint selalu dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, namun faktanya adalah produk mint hanya bisa menahan bau yang tidak sedap selama beberapa jam. Why? Karena mint tidak bisa mengurangi jumlah bakteria dalam mulutmu yang merupakan penyebab utama bau tersebut! Maka dari itu, jangan mengunyah permen mint saja bila kamu bisa meluangkan waktu untuk sikat gigi. Bila tidak sempat, siapkan 14 makanan dan minuman ini untuk mencegah bau mulut di kantor.




    2. Meningkatkan Kemampuan Otak

    Siapa yang menyangka bahwa mencium peppermint oil dapat membuat otak semakin “encer”? Sebuah studi pada tahun 2008 membuktikan bahwa 144 peserta muda mengalami kemajuan signifikan dalam tes ingatan setelah mencium aroma peppermint oil selama 5 menit. Studi oleh North American Journal of Psychology juga menemukan bahwa mencium aroma mint sambil menyetir dapat meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan level frustrasi dan kelelahan. Namun, tidak semua ilmuwan setuju bahwa peppermint oil bisa meningkatkan kemampuan otak - studi lainnya membuktikan bahwa peppermint memang refreshing dan mengurangi rasa lelah, namun tidak bisa memperbaiki kemampuan otak. Bagaimana menurut kamu? Try it yourself!


    3. Mengatasi Sakit Asma

    Mint berfungsi sebagai relaksan baik yang dapat melegakan saluran pernapasan, namun jangan menggunakannya secara berlebihan karena kebiasaan tersebut malah bisa mengiritasi hidung dan tenggorokan.


    4. Meredakan Gejala Pilek

    Apakah kamu sadar bahwa banyak obat-obak pilek mengandung menthol, salah satu kandungan utama dalam peppermint oil? Banyak orang percaya bahwa menthol efektif melegakan saluran pernapasan dan mengatasi hidung tersumbat. Well, berbagai riset telah membuktikan bahwa menthol tidak memiliki sifat dekongestan, namun memang bisa melegakan flu dengan membuka saluran udara. Psst, berikut 7 essential oil lainnya yang dapat meredakan pilek dan flu.





    5. Meredakan Alergi

    Apakah alergi kamu menjadi semakin parah akibat cuaca yang tak menentu? Ekstrak daun mint dipercaya dapat mencegah pelepasan zat kimia dalam tubuh yang mengaktifkan gejala hidung tersumbat. Ini 6 cara ampuh lainnya untuk mengatasi hidung mampet!


    6. Melancarkan Saluran Pencernaan

    Mint dapat melegakan masalah pencernaan seperti sakit perut atau gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh konstipasi. Berbagai riset telah menunjukkan bahwa usus dapat memproses makanan dengan lebih cepat saat kamu mengkonsumsi peppermint oil sebelum makan, sedangkan riset lain menunjukkan bahwa kapsul yang mengandung peppermint oil dapat menyembuhkan orang yang menderita gangguan pencernaan. Menthol juga terbukti dapat membantu mengatasi diare dan mabuk dalam perjalanan.


    7. Membersihkan Kulit

    Selain dapat membantu mencegah infeksi dan gatal-gatal, ekstrak mint juga bisa meredakan gejala jerawat dan mengatasi gigitan serangga. Properti dingin yang dimilikinya dapat melegakan iritasi dan keinginan kamu untuk menggaruk luka, dan properti anti-inflamasi dalam ekstrak mint juga dapat meredakan bengkak.


    8. Menurunkan Berat Badan

    Ingin menurunkan berat badan? Daun mint dapat mendukung diet kamu. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 membuktikan bahwa mint dapat menstimulasi enzim pencernaan yang menyerap nutrisi dari makanan dan mengubah sebagian lemak menjadi energi. So, apakah kamu ingin menambahkan peppermint tea ke diet kamu setiap hari?


    (Image: doc. freepik.com)