Better You

Rawat Kulit Sensitif Kamu Dengan 7 Masker Alami Ini!

  by: Nadhifa Arundati       18/2/2019
  • Tak hanya perasaan saja, kamu ternyata juga memiliki kulit wajah yang sensitif – setelah mencoba skin care terbaru, kulit wajah kamu langsung memerah, ugh! Lantas, apa yang harus kamu lakukan? Hmm... Sepertinya kamu perlu mengurangi penggunaan kosmetik yang berbahan dasar kimia dan beralih merawat kulit wajah dengan bahan-bahan alami. Sudah, biarkan wajah kamu ‘rehat’ dari kosmetik untuk sementara – saatnya untuk merawat kulit sensitif dengan 7 bahan alami ini, simak!


    Gula Pasir

    Enggak hanya berguna untuk pemanis makanan atau minuman, gula pasir juga bisa menjadi bahan untuk mempercantik wajah, lho. Masalah kulit wajah pasti selalu berkaitan dengan penumpukan sel kulit mati, yang pada akhirnya membuat wajah kamu terlihat sangat kusam, yikes! Bagaimana kamu bisa mirip artis Korea kalau wajah tampak tak cerah? Yes, Cosmo punya solusi: gunakan gula pasir yang dicampur dengan minyak zaitun sebagai masker wajah, setelah didiamkan selama 10 menit, bilas dengan air hangat. And that’s it, wajah kamu bisa semakin cerah, mirip seperti Song Hye Kyo!




    Bubuk kopi

    Wait... Do you mean Iced Coffee?” No, Cosmo sedang tak membahas tentang es kopi, melainkan manfaat bubuk kopi bagi wajah kamu! Well, mungkin kedengarannya cukup asing.... Tetapi bubuk kopi memiliki kandungan antioksindan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan sayur dan buah-buahan. So, antioksidan yang ada di dalam bubuk kopi ini mampu menangkal kerusakan kulit wajah dari sinar UV. Mudah kok, kamu cukup menggunakan bubuk kopi yang sudah dicampurkan dengan madu, aplikasikan ke wajah,  jika sudah mengering segera bilas dengan air hangat. Ingat! Yang harus digunakan adalah bubuk kopi alami, bukan yang kemasan.


    Kentang

    Bayangan Cosmo langsung tertuju pada makanan french fries.... Well tetapi kali kentang bukan hanya dijadikan makanan, tetapi salah satu bahan untuk merawat kulit sensitif kamu (go away french fries!). Kentang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat meregenerasi kulit wajah yang rusak – kalau kamu sedang mengalami masalah flek hitam di wajah, kentang bisa menjadi solusi. Yang harus kamu lakukan: blender irisan kentang, lalu aplikasikan ke wajah kamu. Setelah didiamkan selama 5 menit, bilas dengan air hangat. Rasakan perbedaannya!


    Mentimun

    Sudah sensitif, kulit wajah kamu kering pula, this is not good. Tenang, selagi masih ada mentimun, wajah kamu tetap aman – kandungan air yang ada di dalam mentimun mampu menjaga kelembaban kulit, serta dapat membantu penyembuhan kulit sensitif yang mengalami pigmentasi. Supaya kulit tak dehidrasi, gunakan mentimun sebagai sleep-mask kamu.




    Pisang

    Everybody loves banana! Dan kabar baiknya, pisang memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat – dimana hampir semua orang memiliki masalah yang serupa. Kandungan vitamin A, B dan C mampu menyamarkan noda hitam di wajah. Caranya mudah, olah pisang agar teksturnya menjadi lebih halus,  diamkan selama 20 menit, and then wash your face. Ucapkan selamat tinggal untuk bekas jerawat!


    Aloe Vera

    Yes, mungkin kamu sudah jenuh dengan bahan yang satu ini – aloe vera memiliki manfaat yang terlalu banyak (tak heran kalau produk yang berkaitan dengan aloe vera saat ini sedang ‘naik daun’). Jenuh yang Cosmo maksud bukan berarti negatif, namun sebaliknya! Mungkin kamu juga sudah tahu kalau aloe vera sangat cocok untuk merawat kulit sensitif,  jika kulit kamu sedang terasa gatal dan memerah, aloe vera mampu menenangkan kulit wajah kamu. Memang banyak produk kimia yang berbahan dasar aloe vera, tetapi yang alami pasti akan jauh lebih aman untuk kulit sensitif. Tak perlu repot, kamu hanya perlu memotong aloe vera, ambil gel-nya, aplikasikan ke wajah (sebelum tidur), lalu keesokan harinya bilas dengan air hangat. As simple as that.


    Kunyit

    Kalau mendengar bahan kunyit, yang terlintas di pikiran kamu pasti: minuman jamu. But hold on, kunyit enggak hanya bermanfaat bagi tubuh saja, tetapi juga bisa mengatasi jerawat di kulit wajah – khususnya untuk kulit yang sensitif. Kandungan antiseptik yang ada dalam kunyit dapat menangkal jerawat dan ruam pada kulit. Well, all you have to do is: campurkan bubuk kunyit dengan madu, oleskan di wajah, kalau sudah mengering kamu bisa langsung membilas dengan air hangat. Trust Cosmo, it works!


    (Image: Doc. Adrian Motroc on Unsplash)