Beauty

Kandungan Acid yang Cocok untuk Kulitmu

  by: Kissy Aprilia       18/2/2019
  • Apakah kamu familiar dengan nama ‘acid’ dalam dunia kecantikan? Saat ini, informasi mengenai formula produk skincare semakin mudah didapat dan dipahami. Bahkan, beberapa merek kecantikan meng-highlight kandungan utamanya di label kemasan. Kebutuhan para perempuan bukan lagi sekadar mengetahui jenis dan manfaat, namun komponen acid yang terbukti lebih efektif memperbaiki kerusakan pada kulit. Sudah kamu menemukan jenis acid yang tepat? Baca petunjuk ini!


    Glycolic Acid = Kulit Normal

    Apakah ini kali pertamamu mencoba skincare berbahan dasar acid? Mulailah dari glycolic yang paling lembut. Kategori asam AHA (alpha-hydroxy acid) ini memiliki ukuran molekul terkecil, sehingga dapat tmenyerap dan memberikan hasil dengan optimal. Di dalamnya mengandung komponen terbaik untuk menstimulasi kolagen, sehingga membantu menghindari tampilan garis-garis halus, keriput, dan mencerahkan warna kulit. Pilih jumlah persentase 6 – 10 dan gunakan 2 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.




    Salicylic Acid = Kulit Berjerawat

    Kalau kamu sering mendengar kata BHA yaitu beta-hydroxy acid, hyaluronic acid adalah nama lainnya. Senyawa ini bersifat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dengan cara melakukan penetrasi ke dalam lapisan epidermis untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Jadi, salicylic acid akan membersihkan kulit dari kotoran dan minyak, sekaligus bersifat sebagai anti-inflamasi. Kandungan ini banyak digunakan oleh produk penghilang noda bekas jerawat dan jerawat. 


    Hyaluronic Acid = Kulit Kering

    Hyaluronic acid terkenal sebagai the hydrating hero. Kandungan ini tidak bekerja mengangkat lapisan sel-sel kulit, namun membantu meningkatkan hidrasi dengan sangat baik. Hyaluronic acid merupakan salah satu komponen alami di dalam tubuh yang membuat kulit terasa lembut dan kenyal. Jadi, tidak heran kalau kamu sering menemukannya dalam sejumlah produk pelembap dan disebut-sebut paling ampuh mengatasi masalah kulit kering.  

     



    Lactic Acid = Kulit Sensitif

    Apakah kamu memiliki jenis kulit kering yang cenderung sensitif? Coba gunakan hyaluronic acid. Bahan kandungan ini merupakan glycolic acid versi lebih ringan, sehingga mengurangi risiko iritasi. Jadi, kamu bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan tampak lebih cerah, tanpa perlu mengkhawatirkan efek samping dari senyawa asam! 


    Kojic Acid = Kulit Kusam

    Bahan kandungan yang satu ini berasal dari Jepang. Pada umumnya, kojic acid memiliki warna putih dan banyak digunakan dalam produk pencerah wajah, karena terbuat dari bakteri baik hasil fermentasi beras untuk sake. Sejumlah produk cleanser dan serum dengan bahan kojic acid memiliki persentase 1 – 4, yang sebenarnya berisiko menyebabkan iritasi, tapi sangat efektif untuk mencerahkan. Artinya, jangan gunakan pada kulit yang sensitif, girls!


    (Kissy Aprilia, Image: Photo by Velizar Ivanov on Unsplash)