Lifestyle

10 Lagu Indie Romantis Terbaik dari Indonesia

  by: Givania Diwiya Citta       20/2/2019
  • Skena musik indie tanah air semakin mengambil sorotan, tak terkecuali lagu-lagu romantis dari musisi Indonesia yang hampir tak absen melibatkan lagu Sampai Jadi Debu milik Banda Neira hingga – tentu saja – Akad milik Payung Teduh dalam momen-momen romantis seperti wedding.

    Tapi lebih dari itu, banyak lagu romantis yang dikemas dalam lirik dan ritme distingtif dari para musisi indie lokal, yang tak kalah menggoda kamu untuk memutarnya saat kencan anniversary dengan si dia, atau sesederhana ingin mengungkapkan perasaan kamu padanya lewat lagu. Simak 10 daftar lagu indie lintas genre berikut yang akan buat momen romantis kamu dengan dia semakin hot, intimate, and fun!




    Elastic Heart – Reality Club


    All day I think of you, what can I do?” senandung Fathia Izzatiour ‘It’ girl – selaku sang vokalis Reality Club pada bait pertama. Lalu dilanjutkan vokalis Faiz Novascotia yang mengisi pre-chorus dengan sahutan, “Well is it too late to say that I wanted to stay a little while longer?” Lagu romantis yang bercerita tentang keinginan untuk bertahan lebih lama dengan pasangan, menjadi representasi dari rasa rindu yang kerap kita alami. Dengarkan sampai habis untuk tahu makna dari elastic heart yang didefinisikan kreatif!


    Kalapuna – Danilla 


    Diambil dari album Lintasan Waktu (2017), Danilla – yang kita kenali dari debut single Ada Di Sana yang menghipnotis – tetap mengisi karya-karya lagunya dengan nada whimsical yang berpadu dengan suara sendu beratnya. Mengisahkan tentang rindu dan sedikit twist rasa sesal, Kalapuna juga memiliki kekuatan hipnotis yang sama, yang akan membuat pikiran romantismu berkelana lebih jauh.


    Matahari Pagi – Banda Neira


    Salah satu track dari album kedua Banda Neira, Yang Patah Tumbuh, yang Hilang Berganti, dibuka dengan suara alam yang sukses mentransportasi imajinasi kamu pada dunia yang penuh kesejukan. Liriknya pun persis menggambarkan suasana hati yang sedang hangat, dan akan semakin mencairkan momen romantis kamu dengan si dia sepanjang hari.


    Baca juga: 8 Musik Indie sebagai Pengantar Tidur Terbaik


    Down in Vieux Cannes – Vira Talisa


    Melodi dreamy kembali diperdengarkan Vira Talisa dalam single dua bahasa Inggris-Perancis, Down in Vieux Cannes. Pesan dalam lagunya yang menyuarakan tentang spirit menggugah dari dalam diri alias self-love sukses dikemas secara witty. Seperti bait, "Ma fille ne crains pas la peine qui s’installe en toi," yang bermakna jangan takut akan kesedihan pada dalam diri, karena seperti yang dikutip dari lirik selanjutnya, dark time have their reasons, now that it’s over, it’s time to wonder.


    Pesan di Balik Awan – Adhitia Sofyan


    Akhir tahun lalu, Adhitia Sofyan merilis Pesan di Balik Awan yang menjadi pembuka bagi album ke-6, Chronicles of You. Dengan komposisi alunan gitar dan piano yang intimate, Pesan di Balik Awan menceritakan tentang seseorang yang mengirim pesannya ke langit, berharap si dia menerima pesannya dengan baik. We couldn’t help to be a hopeless romantic if the song comes from Adhitia Sofyan, could we?




    Under Your Spell – Kimokal 


    Electronic duo yang beranggotakan Kimo dan Kallula sudah membawa angin segar pada skena musik indie Indonesia sejak tahun 2014, di mana kombinasi dream pop, house, dan electronic music mereka mampu meramu lagu yang mengekspresikan kata hati secara distingtif. Salah satunya Under Your Spell yang liriknya diciptakan Kallula berdasarkan pengalaman personalnya, yang bercerita tentang sebuah aksi fearless flirt, but hey, what’s more romantic than telling your lover that you’re under his spell?


    Bitterlove – Ardhito Pramono


    Lagu yang dirilis kembali sejak perdana diperdengarkan pada webseries Bittersweet (2016) ini digarap dengan komposisi yang lebih matang. Masih dengan nuansa jazz khas Ardhito, Bitterlove mengungkapkan kisah cinta dewasa, yang kita tahu bahwa hubungan kadang terasa bitter, tapi itulah romansa yang nyata. Yaitu saat kita tidak menyerah memperjuangkan satu sama lain, dan menikmati bahagianya dinamika dalam hubungan, because that’s what being romantic is all about.


    Worth It – Stars And Rabbit


    Meski terbilang tidak terlalu baru, namun Stars And Rabbit serta Worth It menjadi salah satu lagu romantis yang selalu menyuguhkan rasa berbeda berkat makna ‘the power of two’ yang diceritakan dalam iringan gitar kering dan melodi Elda yang sendu. Let’s sing along together with your lover, girls: Are you coming baby eyes, it takes two to do the sky


    Baca juga: 8 Lagu Galau dari Film Komedi-Romantis Favorit Versi Cosmo


    Aku Tenang – Fourtwnty


    Jika kamu sudah menemukan pasangan yang menggambarkan perasaan kamu persis seperti Aku Tenang milik Fourtwnty, then keep him for good, girls. Dan tak ada ungkapan paling romantis yang bisa kamu beri pada dia lewat lagu ini, seperti yang dikutip dari liriknya, "Denganmu, tenang, tak terpikir dunia ini, karenamu, tenang, semua khayal seakan kenyataan."


    You Want My Love – Neonomora


    Dibuka dengan tabuhan drum yang electrifying, Neonomora jelas mengemas lagu romantis menjadi powerful. Suara Ratih sang dalang di balik Neonomora, juga mengungkapkan rasa cinta pada si dia dengan cara tegas namun feminin sekaligus. Dance into “I think I love ya, I think I do”, girls!


    (Image: Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash)