Better You

Ini Dia 7 Manfaat Jus Tomat Yang Belum Kamu Ketahui

  by: Nadhifa Arundati       21/2/2019
  • Banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari tomat – baik sebagai makanan, minuman, perias hidangan, masker alami, dan masih banyak lagi (the perks of being tomatoes). Mungkin kamu cuma tahu kalau tomat itu adalah buah atau sayur yang sehat untuk tubuh, tetapi belum tahu seberapa penting peran tomat untuk tubuh kamu – atau yang lebih spesifik, jus tomat.

    So, Cosmo akan membagikan informasi tentang 7 manfaat jus tomat yang belum kamu ketahui. Check this out!





    Mengurangi risiko diabetes

    Mengurangi kadar gula adalah hal paling penting untuk mengurangi risiko diabetessugar is a villain for this moment. Tenang, kamu masih bisa mengonsumsi jus tomat, meski tak semanis minuman Thai tea. Jus tomat memiliki kadar karbohidrat yang rendah, yakni sekitar 4 gram dalam setiap 100 gram tomat. Enggak hanya mengurangi risiko diabetes, jus tomat juga ampuh untuk menangkal risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Tomato juice for lyfe!


    Menurunkan tekanan darah

    Memang sih tekanan darah dapat diturunkan dengan mengonsumsi obat anti-hipertensi, tetapi tak ada salahnya kan kalau kamu mencoba jus tomat sebagai alternatif bahan alami untuk menurunkan tekanan darah? Just give it a try, kalau kamu mengonsumsi jus tomat secara rutin, setidaknya dalam dua bulan, kadar tekanan darah kamu pasti akan jauh lebih membaik.


    Menurunkan kadar kolesterol

    Ugh, terlalu banyak pilihan makanan yang mengandung kolesterol tinggi, sampai kamu bingung harus memilih menu apa. Hold on, ada kabar baik buat kamu: jus tomat dapat menurunkan kadar kolesterol, this is a yay! Jadi, kalau kamu merasa saat ini kadar kolesterol dalam tubuh sedang naik, segera konsumsi jus tomat – vitamin B3 yang ada dalam tomat mampu menurunkan 10 persen kadar kolesterol, tetapi kamu mesti minum jus tomat setidaknya dua kali dalam sehari.




    Detoks!

    Lenyapkan racun-racun dalam tubuh kamu dengan jus tomat. Kandungan klorin dan belerang dapat menangkal para racun jahat, serta membantu hati dan ginjal agar berfungsi dengan baik. Cusss, langsung siapkan jus tomat untuk dikonsumsi saat pagi dan malam hari, ya.


    Bikin rambut jadi lebih berkilau

    Mau punya rambut bak model iklan shampoo? Jus tomat bisa merealisasikannya! Yes, kandungan zat besi dan vitamin yang ada dalam jus tomat dapat menambah kilau rambut supaya tak terlihat kusam, also rambut rontok kamu akan berkurang dan jauh lebih tebal. This is what you want, right?


    Mengecilkan pori-pori wajah kamu!

    Sekarang kamu bisa gunakan jus tomat sebagai bahan masker alami, yang tentunya bakal memberikan banyak manfaat buat kulit wajah kamu – salah satunya seperti mengecilkan pori-pori wajah. Simpel, campurkan jus tomat dengan perasan air lemon, aplikasikan ke wajah, diamkan selama 20 menit, lalu segera bilas dengan air hangat. Coba perhatikan jika kamu sudah melakukan dua kali dalam seminggu, pori-pori akan mengecil!


    Dan tentunya, dapat menurunkan berat badan

    Diet tak perlu ribet, kamu bisa menjadikan jus tomat sebagai pilihan menu diet – jus tomat bisa membantu mengurangi nafsu makan, jadi kamu akan lebih cepat merasa kenyang. Dengan mengonsumsi selama dua kali dalam sehari, kandungan yang ada pada jus tomat dapat menghentikan fermentasi di usus, yang menjadi penyebab berat badan kamu cepat naik. Akhirnya, kamu punya cara lain untuk diet!


    Saatnya untuk: membeli tomat (sebanyak-banyaknya), olah menjadi jus, minum setiap hari, and repeat!

    (Image: Doc. wnaokiC123RF.com, Giphy.com)