Beauty

Benarkah Laser Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Efektif?

  by: Kissy Aprilia       23/2/2019
  • Kalau bertanya mengenai cara terampuh untuk menghilangkan bekas jerawat, perawatan laser adalah jawaban yang paling banyak ditemukan. Bahkan, kata kunci “laser treatments for acne scars” menjadi salah satu pencarian tertinggi di internet. Hmm, apakah kamu salah satunya dan tertarik mencoba perawatan tersebut? Simak dulu pemaparannya berikut ini.


    via GIPHY




    Apa fungsi perawatan laser?

    Perawatan laser bisa membantu menghaluskan tekstur dan warna kulit yang tidak rata secara lebih instan. Sebenarnya, kamu juga bisa menggunakan produk skincare untuk mengatasi masalah tersebut, tetapi memang hasilnya tidak akan seoptimal laser. Poin penting lainnya, ketika sudah memutuskan untuk melakukan laser, carilah klinik atau dermatologis yang berkredibilitas. 


    Seberapa efektifkah laser untuk menghilangkan bekas jerawat?

    Peradangan jerawat tidak hanya membuat kulit tampak kemerahan, tetapi juga memicu perubahan pada tekstur. Belum lagi masalah hiperpigmentasi yang menyebabkan noda gelap, membuat penampilan menjadi tidak flawless. Perawatan laser bisa menjadi pilihan praktis untuk mengatasi bekas jerawat secara menyeluruh, asalkan dengan menggunakan beberapa kombinasi jenis laser—ditambah perawatan radio-frequency micro-needling dan produk topikal.


    Jadi, mana yang paling efektif?

    Pertama-tama, kamu harus memerhatikan perubahan yang terjadi pada kulit. Jika bekas jerawat menyebabkan tekstur menjadi tidak rata, perawatan laser fraksional dengan menggunakan gelombang 1550 adalah pilihan paling efektif untuk memperbaiki tekstur. Sedangkan jika masalahnya adalah hiperpigmentasi, coba laser fraksional ‘resurfacing’ dengan gelombang 1927 untuk mengurangi tampilan noda gelap.




    Apakah ada efek samping?

    Meski sudah mengetahui jenis perawatan laser apa yang paling efektif menangani masalah kulitmu, pastikan untuk terlebih dulu berkonsultasi dengan dermatologis. Sebab, lapisan epidermis kulitmu harus benar-benar terlindungi dengan tepat, untuk menghindari risiko luka dari proses laser. Menurut sejumlah dermatologis, beberapa pasien dengan jenis kulit berminyak mengalami reaksi yang sedikit berbeda dari jenis kulit lainnya. 


    Jadi, semakin tertarik mencoba perawatan laser untuk menyamarkan bekas jerawatmu?


    (Kissy Aprilia, Image: Pascal B on Unsplash.com)