Lifestyle

8 Lagu Galau dari Film Komedi-Romantis Favorit Versi Cosmo

  by: Givania Diwiya Citta       22/2/2019
  • Saat film romantic comedy dipasangkan dengan sederet soundtrack yang tersusun dari melodi sendu, rasanya sesi menikmati visual serta pendengaran melalui medium film mampu membuat kamu terhanyut. Apalagi jika kamu menemukan beberapa dialog atau adegan yang mewakili perasaan atau beberapa bagian dari pengalaman personalmu. Well, embrace the feeling! Simak delapan daftar lagu galau dari delapan film romantic comedy favorit sepanjang waktu berikut, and make sure to insert these movies into your re-watch wish list.


    Falling Slowly – Glen Hansard & Marketa Irglova

    Lagu yang meraih Academy Award untuk kategori Best Original Song, dan dinominasikan dalam Grammy tahun 2008 ini terbukti mendulang sukses besar untuk film drama musikal romantis berbalut komedi, Once. Berlatar di kota Dublin, dua pasang musisi yang berjuang menggapai mimpinya masing-masing, terjalin dalam cerita cinta unik yang melibatkan mereka berhadapan kembali dengan masa lalu hingga rasa yang tumbuh di antara pertemanan keduanya. Friend-zone squad, be prepare to watch




    Stay (I Missed You) – Lisa Loeb

    Akui saja, girls, film Reality Bites memang versatile diingat sebagai representasi terbaik dinamika cerita cinta generasi muda di era ’90-an. Subkultur grunge di Amerika melekat kuat dalam cerita tentang perjuangan generasi X pada masanya saat memasuki level young adults.

    Tak luput adegan emosional antara dua karakter yang diperankan Winona Ryder dan Ethan Hawke, yang harus mengambil keputusan untuk kelanjutan hidup masing-masing, yang lantas diiringi lagu Stay (I Missed You) oleh Lisa Loeb sukses menghidupkan mood sendunya. 


    Baca juga: Deretan Lagu Yang Wajib Kamu Dengar Setelah Putus Cinta


    Save Me – Aimee Mann

    Lagu yang khusus diciptakan untuk menutup film Magnolia ini juga menuai sukses dengan bukti dinominasikan ke dalam Academy Awards, Golden Globe, dan Grammy. Film drama yang juga dibalut oleh nuansa romansa, humor, namun memiliki twist injeksi pada psikologis, juga meraih sederet kritik positif yang bahkan mengantarkan Tom Cruise memenangkan titel Best Supporting Actor di Golden Globe.

    Bercerita tentang dunia multi paralel yang masing-masing karakternya mengeksplorasi arti kebahagiaan dan seni memaafkan, lagu yang sepaket dengan film ini bisa jadi referensi untuk dinikmati bersama pasangan atau lingkaran terdekat kamu akhir pekan nanti.


    Linger – The Cranberries

    Ok, mungkin lagu ini overrated. Tapi siapa yang tidak bisa melupakan melodi dan ikut bernyanyi bersama dalam lirik “Do you have to, do you have to, do you have to let it linger?” Lagu yang menjadi salah satu soundtrack dalam film komedi Click ini juga berperan menghidupkan mood sendu romantis dari cara Adam Sandler selaku pemeran utama yang mencoba memperbaiki kehidupannya yang berantakan akibat ulahnya sendiri.




    Please, Please, Please, Let Me Get What I Want – The Smiths

    Berangkat dari film komedi romantis modern 500 Days of Summer, lagu karya band rock asal Inggris ini menjadi ikon yang melekat pada cerita cinta twisted milik Tom dan Summer. Tapi lebih dari filmnya yang mengajarkan seni merelakan, Please, Please, Please, Let Me Get What I Want juga sedikit banyak menyuarakan pesan untuk menghadapi heartbreak. It’s never too late to play it on repeat!


    Baca juga: 7 Lagu Ini Cocok Didengar Saat Musim Hujan!


    The Greatest – Cat Power

    Diambil dari film 17 Again yang menceritakan tentang downfall dari hidup seseorang, hingga dihadapkan pada pilihan keputusan untuk memperbaiki aspek-aspek masa lalunya, lagu The Greatest menjadi representasi tepat jalan cerita yang harus diperankan Zac Effron. “Once I wanted to be the greatest,” yang menjadi lirik pembuka lagu turut menghidupkan nuansa film semakin emosional. But don’t worry, it’s rom-com friendly.


    Oh! Sweet Nuthin’ – The Velvet Underground

    Salah satu film lainnya yang menceritakan jatuh bangunnya adulthood secara humoris dan romantis adalah High Fidelity, yang salah satu soundtrack miliknya diisi oleh The Velvet Underground dengan Oh! Sweet Nuthin’. Berfokus pada karakter utama yang gigih mengerjakan passion miliknya dalam menjual vinyl di antara arus zaman, lagu ini rasanya menjadi latar suara yang tepat dalam menggambarkan perjuangan para pengejar passion.


    How Can You Mend A Broken Heart – Al Green

    And how can you mend a broken heart? How can you stop the rain from falling down?” lirik pembuka ini sudah menjadi rangkuman film Good Will Hunting yang penuh filosofi kehidupan. Tapi dengan kemasan komedi dan drama romansa yang subtil, serta dengan dukungan pemain bernama besar seperti Robin Williams, Matt Damon, dan Ben Affleck, film ini sukses dinominasikan ke dalam sembilan kategori sekaligus dalam Academy Awards, dan tak luput menjadi salah satu film drama favorit dari Hollywood.


    (Givania Diwiya / Image: IMDB)