Beauty

Do's & Dont's Merawat Beauty Blender agar Tak Mudah Jamuran

  by: Yovita Pratiwi       26/2/2019
  • Masih ingat ketika Cosmo membicarakan beauty blender dan bagaimana produk ini akan mengubah beauty routinemu selamanya? Apakah kamu sudah memilikinya? It’s wonderful, right, ladies?

    However, meskipun sponge berbentuk telur ini sangat membantu dalam pengaplikasian makeup, banyak wanita mengeluhkan betapa cepatnya jamur tumbuh pada beauty blender mereka. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, simak bagaimana cara merawat beauty blendermu dengan benar agar tak mudah tumbuh jamur.


    via GIPHY




    Don’ts: Menyimpan beauty blender dalam keadaan tanpa oksigen


    Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para pengguna beauty blender adalah menyimpannya di kontainer kedap udara. Penyimpanan beauty blender harus benar-benar diperhatikan, lho, ladies. Saat disimpan di kontainer kedap udara, otomatis oksigen dan cahaya tidak bisa masuk, menyebabkan bakteria dan jamur dengan mudah tumbuh pada beauty blendermu. Simpanlah beauty blendermu ke dalam kontainer yang memiliki lubang udara, misalnya organza bag atau mesh bag.

    Do’s: Mengeringkan beauty blender sebelum disimpan


    Sebelum menyimpan beauty blender baik di dalam organza bag atau mesh bag sekalipun, ada baiknya membiarkannya kering terlebih dahulu. Taruh beauty blender ke dalam kontainer plastik yang kamu punya, tetapi biarkan penutupnya terbuka supaya oksigen dan cahaya dapat masuk.  Setelah kering, barulah beauty blender siap disimpan ke dalam breathable container.

    Dont’s: Memakai beauty blender dalam keadaan kering


    Pemakaian beauty blender dalam keadaan kering ternyata tidak dianjurkan. Selain hasil makeup menjadi kurang optimal, memakai beauty blender tanpa dibasahi terlebih dahulu akan membuatnya menyerap makeup product ke dalam sponge.





    Do’s: Selalu basahi beauty blender sebelum pemakaian


    Pada beauty blender yang basah, makeup product  hanya akan ‘duduk’ di atas sponge dan tidak akan terserap ke dalam. Hal ini dapat mencegah bakteri dan jamur untuk terbentuk pada beauty blender. Selain itu, hasil makeup akan menjadi lebih optimal.

    Dont’s: Malas membersihkan beauty blender


    Ladies, apakah kamu seringkali malas untuk membersihkan beauty blender milikmu? Ternyata hal ini dapat menyebabkan bakteri dan jamur berkembang lebih cepat, lho! Sisa produk makeup yang mengendap di dalam sponge seringkali sulit untuk bisa kering sepenuhnya. Maka dari itu, pastikan untuk mencuci beauty blender setiap kali selesai memakainya.


    Do’s: Membersihkan beauty blender dengan sabun sehari-hari atau shampoo yang lembut


    Saat membersihkan beauty blender, cukup gunakan sabun atau shampoo sehari-hari milikmu. Lebih baik lagi jika menggunakan sabun atau shampoo bayi. Tidak perlu menggunakan detergen yang keras untuk membersihkannya. Caranya, usap sabun atau shampoo pada beauty blender, bilas, dan ulangi sampai benar-benar bersih. Bye-bye jamur!

    (Yovita Pratiwi, Image: Dok. Maxim Lupascu, Evgeniya Tiplyashina, puhhha on 123rf)