Fashion

Ini Tips Merawat dan Membersihkan Kacamata Paling Efektif

  by: Hendry Leo       28/2/2019
  • Ladies, bagi kamu yang memiliki kesulitan pada jarak pandang, kacamata adalah salah satu item yang wajib dibawa kapanpun dan dimanapun. Tak hanya membantu kamu dalam penglihatan, kacamata juga bisa jadi salah satu aksesori penunjang dalam berbusana.

    Well, apa jadinya jika saat beraktivitas kacamata kamu terkena debu, atau hal-hal lainnya yang menghambat penglihatan? Berikut, Cosmo akan berikan tips merawat dan membersihkan kacamata paling efektif, agar kamu tak lagi kesulitan saat beraktivitas menggunakan kacamata. Here you go!




    1. Gunakan Cairan Khusus Pembersih Kacamata

    Cairan khusus kacamata sangat mudah kamu temukan di optik. Mulai dari ukuran untuk traveling, hingga yang besar bisa kamu dapatkan sesuai dengan kebutuhan. Oia, Cosmo sarankan untuk menggunakan botol berbentuk spray agar lebih efisien dan efektif. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Pertama, bilas lensa yang terkena debu dengan air bersih yang mengalir sebelum kamu semprotkan dengan cairan khusus.
    2. Jika tidak ada air bersih, kamu bisa semprotkan dengan cairan khusus dalam takaran yang lebih banyak.
    3. Kemudian, gunakan kain berbahan katun atau mikrofiber untuk mengeringkan lensa.

     

    pembersih khusus kacamata


    Baca juga: Cara Agar Makeup Terlihat ON Walau Pakai Kacamata


    2. Cuci Menggunakan Sabun Cair

    Ini bisa jadi opsi kamu saat sedang kehabisan cairan khusus pembersih kacamata. Langkah-langkahnya adalah:

    1. Pertama, bilas kacamata dengan air bersih yang mengalir, ini berfungsi untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di lensa dan bingkai kacamata.
    2. Teteskan sabun cair sedikit saja pada bagian lensa, masing-masing satu tetes. Kemudian gosok perlahan-lahan menggunakan jari tangan yang sudah dicuci untuk menghindari goresan.
    3. Pastikan tidak ada sabun yang tersisa, kemudian bilas sekali lagi dan bersihkan menggunakan kain khusus kacamata.


    kacamata dengan lensa jernih


    3. Bawa Kacamata ke Optik

    Jika kamu sedang sibuk dan hektik, sehingga tidak ada waktu untuk membersihkan kacamata, cara yang paling tepat adalah dengan membawa kacamata kamu ke optik terdekat. Biasanya, mereka akan menggunakan alat pembersih ultrasonik yang canggih, sehingga akan membersihkan seluruh bagian kacamata kamu.




    Baca juga: 7 Model Kacamata Hitam Favorit Para Influencer


    4. Bersihkan dengan Kain Khusus Kacamata

    Cara ini bisa jadi salah satu cara terakhir kamu, jika langkah-langkah sebelumnya kurang efisien. Hal yang wajib adalah, kamu harus membawa kain khusus kacamata atau bisa juga gunakan kain katun atau mikrofiber. Namun, kamu harus simpan kain tersebut dengan baik, agar terhindar dari debu dan partikel yang kemungkinan akan membuat goresan pada lensa kamu.

    kacamata setelah dibersihkan dengan kain


    5. Simpan Kacamata di Tempat yang Aman

    Jika kamu tidak langsung menggunakan kacamata, setelah dibersihkan ada baiknya kamu langsung menyimpan ke tempat penyimpanan kacamata. Jangan lupa untuk melindungi kacamata kamu dengan kain sebelum disimpan agar terhindar dari debu dan menghindari goresan. Pastikan lensa kacamata tidak menghadap ke bawah ya, ladies.

    tempat penyimpanan kacamata


    Well, semoga bermanfaat!



    (Sumber referensi: hellosehat.com, optikmelawai.com, optiktunggal.com/ Foto: unsplash.com, freepik.com)